knaplot karat

Penyebab Dan Bahaya Knalpot Mobil Keropos

Jangan Biarkan Knalpot Mobil Keropos

Komponen sistem knalpot sebenarnya relatif lama mengalami kerusakan, tapi bukan berarti tidak bisa rusak. Pada beberapa kasus, komponen sistem knalpot dapat mengalami kerusakan, seperti keropos atau bocor yang dapat mempengaruhi performa mesin.

Gejala yang ditimbulkan seperti suara knalpot makin keras dan parau, terutama jika kebocoran terjadi di sekitar manifold dan muffler. Selain itu, tenaga mesin berkurang dan konsumsi bahan bakar makin boros.

Jika kebocoran di area sebelum catalytic converter, maka emisi gas buang meningkat. Jika kebocoran terjadi di area sebelum sensor O2, maka dapat mengacaukan pembacaan sistem fuel injection.

Kebocoran pada knalpot ini dapat dipicu oleh korosi atau karat serta usia pakai kendaraan. Korosi bisa terjadi akibat adanya perbedaan temperatur di dalam dan luar pipa knalpot, termasuk udara sekitar yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Karat pada knalpot juga bisa muncul akibat terbentur kerikil atau gundukan jalan. Sehingga permukaan pipa knalpot terbuka dan menyebabkan proses oksidasi.

Baca Juga : Macam-Macam Tipe Knalpot

Terjadinya keropos pada sistem knalpot, tentu jangan dibiarkan. Jika banyak area knalpot yang keropos, sebaiknya diganti dengan yang baru untuk mengembalikan performa mesin mobil.  Selain itu, kesehatan penumpang juga tidak terganggu selama berkendara. Karena knalpot mobil yang bocor, dapat membuat asap knalpot menyelinap ke kabin mobil. Hal itu jelas membahayakan membahayakan kesehatan manusia.

Asap knalpot mengandung banyak molekul berbahaya seperti karbon monoksida, benzene, formaldehyde, ozone, dan terkadang juga timbal. Molekul beracun itu bisa terisap dan memenuhi paru- paru. Penyerapan akan terjadi hingga tersebar melalui darah ke seluruh tubuh manusia. Pencemaran ini dapat meliputi organ-organ vital dan merusaknya. Akibat yang bisa terjadi pada tubuh manusia dalam jangka pendek adalah kelelahan, sakit kepala, dan sesak napas.

Sedangkan efek jangka panjangnya bisa menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit paru-paru, kerusakan jantung, perubahan perilaku atau bahkan kanker. Oleh sebab itu, memeriksa kondisi knalpot mobil merupakan hal yang penting untuk dilakukan.



WordPress Video Lightbox Plugin