Cari Kami

Macam-Macam Tipe Knalpot

Jika Anda pengguna kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil, pasti mengetahui apa itu knalpot. Namun sudah tahukah Anda tipe-tipe knalpot, lalu apakah Anda termasuk  salah satu penggunanya? Pada kesempatan kali ini, Kita akan membahas mengenai macam-macam tipe knalpot pada kendaraan.

Knalpot adalah salah satu saluran gas buang yang punya fungsi mengalirkan gas buang dari ruang bakar mesin dan meredam suara yang keluar dari ruang bakar mesin. Selain dari kedua fungsi tersebut, knalpot pada mobil-mobil saat ini sudah dilengkapi catalytic converter sehingga dapat berfungsi mengubah sisa gas bua

ng yang beracun yaitu karbon monoksida menjadi karbondioksida dan uap air.Knalpot juga sangat berpengaruh terhadap tenaga mesin, jadi sebenarnya knalpot yang baik harus memiliki rancangan yang dapat memberikan tekanan balik (back pressure) yang tepat agar dapat menghasilkan tenaga mesin yang optimal. Oleh karena itulah banyak pemilik kendaraan yang mencoba untuk mengganti knalpot standar dengan yang aftermarket atau racing dengan tujuan agar mobil dapat lebih bertenaga.

Mengganti knalpot sebenarnya merupakan langkah awal modifikasi performa, akan tetapi jika salah dalam memilih knalpot bukannya dapat menghasil tenaga mesin yang lebih besar, tetapi malah sebaliknya, knalpot akan menjadi penghambat laju mobil alias tenaga mobil akan menurun dari keadaan standar.

Beberapa tipe knalpot yang ada antara lain adalah :

Single Exit Pipe

Jenis sistem pembuangan yang paling umum adalah tipe single exit pipe yang biasanya Anda temukan di mobil dan truk yang Anda beli dari dealer. Seperti namanya, hanya ada satu pipa pembuangan. Biasanya Anda akan menemukannya karena ini yang termurah untuk dibuat dan dipasang. Itu bukan berarti knalpot ini adalah sistem pembuangan yang paling efisien, tetapi semua itu diimbangi dengan alasan ekonomi bagi produsen.
Dual Rear Exit

Sistem pembuangan dual rear exit ditujukan untuk pasar sporty, atau setidaknya bagi mereka yang ingin kendaraan mereka terlihat dan terdengar lebih sporty. Ini memberikan kesan lebih menarik pada knalpot sehingga mobil setidaknya terdengar seolah-olah memiliki mesin yang kuat. Ada dua pipa pembuangan yang terletak di sisi berlawanan kendaraan di bawah bumper belakang. Mereka lebih efisien dalam mengeluarkan gas daripada sistem pembuangan single exit pipe.

Opposite Dual Exhaust

Jika sistem pembuangan dual rear exit tidak bengkok, sistem pembuangan ganda yang berlawanan (Opposite Dual Exhaust) bekerja agak berbeda. Mereka membungkus roda, menggunakan lekukan untuk menambah proses penyaringan. Anda menemukan mereka lebih banyak pada kendaraan yang dirancang untuk menarik beban besar. Mereka yang mengangkut trailer atau perahu akan menggunakannya karena mereka cenderung tidak meninggalkan residu pada beban yang sedang digandeng. Sistem knalpot ganda yang berlawanan adalah varian pada sistem pembuangan belakang ganda dan dapat lebih efisien dalam situasi tertentu.

Dual Side Exhaust

Knalpot ini dipasang melintang, dengan detail sangat unik dan presisi membuat tampilan mobil anda akan semakin bagus dengan 4 tail (2 kiri, 2 kanan). Suara yang dihasilkan pun sangat bagus, karena tabung knalpot yang sangat besar, menghasilkan resonansi suara yang sangat bulat, ngebass dan empuk. Bahan yang digunakan full stainless anti karat. Cocok untuk semua mobil, ukuran dan harga bervariasi disesuaikan dengan lebar dan dimensi mobil.

Itulah beberapa macam tipe knalpot pada kendaraan. Jadi kendaraan Anda menggunakan tipe yang mana? Semoga dapat memberikan informasi bagi Anda untuk memilih knalpot yang berguna  bagi kendaraan Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin