Agar Cat Mobil Tetap Mengilap

Agar Cat Mobil Tetap Mengkilap

Agar Cat Mobil Tetap Mengkilap Ini Hal yang Harus Dihindari

Memiliki sebuah kendaraan, khususnya mobil, memang butuh perhatian. Salah satunya adalah perawatan terhadap mobil tersebut. Mulai dari perawatan mesin, kaki-kaki, interior dan sebagainya. Tidak terkecuali bagian eksterior mobil, salah satu komponennya adalah cat mobil.

Pemilik sudah pasti ingin selalu melihat cat mobilnya selalu sama dengan ketika dalam kondisi baru. Cat mobil “kinclong” juga bisa bikin mood berkendara menjadi asyik. Namun butuh pengorbanan untuk mewujudkannya, caranya Agar cat mobil tetap mengkilap adalah menghindari beberapa hal ini. Apa saja sih?

Air

Untuk sebuah mobil, air bak sebuah pisau bermata dua. Di satu sisi, saat mencuci mobil butuh menggunakan air agar bersih. Namun air juga bisa menjadi penyebab cat mobil menjadi kusam. Kebiasaan pemilik mobil yang kerap membiarkan air mengering dengan sendirinya, bisa jadi malapetaka pada cat mobil. Karena itulah awal dari pembentukan jamur.

Terlebih ketika musim hujan tiba, air hujan yang ada di mobil kerap dilupakan. Biasakan untuk membilas air hujan dengan air bersih saat sampai di rumah. Kemudian keringkan sampai tidak ada lagi air yang menempel di bodi mobil.

Debu

Rasanya mustahil sebuah mobil bisa menghidar dari yang namanya debu. Butiran debu kerap menempel pada bodi mobil. Celakanya, debu berpotensi menciptakan baret pada cat mobil bila salah cara membersihkannya. Bila debu sudah bertengger di bodi mobil, cucilah dengan air. Agar butirannya terbawa oleh air tanpa terjadi gesekan pada bodi mobil.

Cover Mobil

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa cover mobil bisa menyelamatkan cat mobil dari kusam.

Penggunaan cover mobil, biasanya bertujuan untuk melindungi mobil terkena matahari secara langsung dan air hujan. Namun bila penggunaan cover mobil dengan kualitas rendah, air hujan malah terperangkap di bawah cover mobil tersebut. Bila dibiarkan hingga mengering dengan sendirinya, tinggal tunggu waktu sampai jamur bersarang pada cat mobil.

Sabun

Sabun atau shampoo mobil yang dipakai untuk mencuci mobil, harus sesuai peruntukannya. Penggunaan sabun yang asal-asalan bisa membuat lapisan cat mobil menipis sehingga timbul penyakit kusam.

Getah Pohon

Ketika mobil diparkir, banyak pemilik mobil yang memilih lokasi di bawah pohon agar tidak terkena matahari langsung. Padahal, buah dan getah dari pohon bisa lebih jahat dampaknya pada cat mobil. Bila getah dibiarkan lama bertengger di bodi mobil, akan menimbulkan bercak yang tidak mudah untuk dihilangkan.

Baca Juga : Cara Merawat Body Mobil Agar Cat Tidak Mudah Pudar

Air Wiper

Jaman sekarang, rasanya sudah lumrah pemilik mobil menambahkan wiper fluid. Karena sangat efektif untuk menghilangkan minyak atau debu pada permukaan kaca mobil. Namun, beberapa produk wiper fluid justru meninggalkan noda pada cat mobil. pilihlah produk wiper fluid yang ramah pada cat mobil.