Pelumas Apa yang Cocok Untuk Motor Lawas - oli mobil

Pelumas Apa yang Cocok Untuk Motor Lawas?

Mesin motor tahun keluaran lama memiliki komponen yang berbeda dengan mesin motor keluaran baru. Hal ini dikarenakan industri otomotif yang terus berkembang dan memberi berbagai kemudahan untuk para penggunanya. Namun keunikan atau karakteristik dari motor lawas membuat para pecinta otomotif mengoleksi atau bahkan menggunakan motor lawas. Tetapi apakah mereka betul-betul memahami cara merawat motor kesayangan mereka tersebur?

Penggantian pelumas mesin secara berkala merupakan kewajiban bagi para pengendara. Selain penggantian secara berkala, pemilihan oli yang tepat juga dibutuhkan untuk memaksimalkan performa kendaraan. Namun sebagian masyarakat masih kurang begitu paham bagaimana perawatan kendaraan yang tepat. 

Terutama bagi Anda yang cenderung memiliki keinginan untuk menggunakan motor yang sudah berumur atau lawas yang tentunya memerlukan perawatan yang berbeda dengan motor keluaran baru. Sayangnya, kebanyakan para pemilik motor tua salah memilih pelumas untuk motor tuanya.

Pengunaan pelumas yang tepat pada mesin motor lawas adalah salah satu syarat utama untuk menjaga performa motor lawas agar tidak tertinggal dan masih dapat digunakan sebaik-baiknya. Oleh karena itu sebagai pengendara motor yang cerdas, Anda harus dapat memahami secara benar oli seperti apa yang cocok untuk motor lawas.

Untuk mendukung performa motor lawas, pelumas yang disarankan adalah oli dengan SAE 20W-50 atau 15W-40, seperti oli Deltalube Adventure Ultra SAE 15W40 atau Adventure SUPER 731 SAE 20W50. Jenis oli ini akan mendukung performa mesin motor lawas agar bekerja secara maksimal. Sama halnya dengan mobil, dimana mobil keluaran tua memerlukan oli yang lebih kental karena ruang mesin yang cenderung lebih longgar jika dibandingkan dengan mesin keluaran baru.

Motor lawas tidak cocok menggunakan pelumas yang encer karena celah antar komponen mesin sangat berjauhan, sehingga fungsi oli tidak akan bekerja maksimal. Anda harus tetap mengutamakan oli yang terbaik dan sesuai dengan mesin motor Anda. Jika Anda lalai dalam memilih dan membeli oli yang tepat untuk spesifikasi kendaraan Anda, lama-kelamaan akan muncul berbagai masalah dan kerusakan pada kendaraan Anda. 

Baca juga : APA ARTI KODE SAE PADA OLI MESIN?

 

 

 

 



WordPress Video Lightbox Plugin