sokbreker mobil

Pahami Sebelum Pakai Sokbreker Mobil Rekondisi

Pahami Sebelum Pakai Sokbreker Mobil Rekondisi

Sokbreker atau shock absorber adalah komponen kaki-kaki kendaraan yang berfungsi untuk meredam guncangan atau entakan dan getaran yang berasal dari permukaan jalan. Tapi seiring penggunaan mobil, sokbreker mengalami penurunan kondisi akibat keausan komponennya. Sehingga pemilik mobil pun harus mengganti sokbreker agar kemampuan berkendara tetap terjaga.

Sokbreker yang sudah rusak dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara, terutama di jalan yang berlubang dan bergelombang. Serta dapat memengaruhi kemampuan mobil dalam bermanuver. Jika dibiarkan, kondisi itu bisa menyebabkan gerakan bodi mobil tidak teratur dan berpotensi kecelakaan.

Sayangnya untuk mengganti komponen peredam kejut ini tidaklah murah, terlebih untuk mobil mewah. Tapi ada tawaran solusi yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini dengan melakukan rekondisi dari sokbreker mobil.

Rekondisi sokbreker adalah mengganti beberapa komponen yang sudah aus tanpa mengganti unit secara menyeluruh. Atau bisa dibilang memperbaiki sokbreker mobil yang rusak.

Baca Juga : Mengenal Jenis Sokbreker Mobil

Apa saja komponen yang diperbaiki? Yang sering mengalami kerusakan adalah seal atau klep sokbreker. Komponen ini bisa diperbaiki dengan mengganti yang baru. Hal ini dikarenakan seal memiliki fungsi menahan kotoran dan debu dari luar, serta mencegah oli sokbreker bocor. Jika sudah getas dan robek, oli pun keluar dan sokbreker tidak bisa maksimal meredam impak. Tidak hanya itu, oli atau gas sokbreker yang diganti untuk mengembalikan sifat hidraulis yang sudah berkurang karena usia pakai.

Sedangkan untuk klep sokbreker yang fungsinya mengalirkan oli saat sokbreker sedang terkompresi. Ketika klep rusak, sokbreker tidak bisa terkompresi menimbulkan gejala memantul atau keras. Lantas berapa lama sokbreker rekondisi bisa bertahan digunakan. Karena komponen tersebut hanya diperbaiki, sokbreker bisa digunakan sekitar satu tahun.



WordPress Video Lightbox Plugin