Oli Mesin Warnanya Bermacam-Macam, Alasannya?

Pernahkah Anda bertanya – tanya, kenapa warna oli mesin berbeda – beda antar satu produsen dengan produsen lainnya? Jika pertanyaan ini sempat terlintas dalam benak Anda, maka inilah waktunya mendapatkan jawaban yang pasti.

Bila diperhatikan, sebenarnya tiap merek oli mesin memiliki warna yang berbeda-beda. Beberapa ada yang merah, biru tua, sampai warna kuning atau keemasan. Ragam warna ini tidak menandakan kualitas dari oli, tapi digunakan para produsen sebagai penanda atau identitas satu produk dengan produk lainnya. Ada yang digunakan sebagai pembeda antara oli mesin untuk manual atau matik. Ada pula yang hanya sebagai pembeda dengan produsen lain, agar produksi oli mesin mereka dapat dibedakan dengan produsen lain.

Penyebab perbedaan warna pada oli mesin juga karena kandungan zat pewarna yang digunakan para produsen oli berbeda-beda. Selain sebagai identitas, warna oli juga digunakan untuk memberitahu pengguna akan adanya kebocoran atau rembes di bagian tertentu karena warnanya berbeda, bahkan ada pula oli yang menyala dalam gelap (glow in the dark ). Perbedaan ini juga dimanfaatkan untuk menghindari adanya pemalsuan oli oleh oknum – oknum  tidak bertanggung jawab.

Nah, itulah dia beberapa alasan mengapa warna oli mesin berbagai berbeda-beda. Jadi, jangan lagi memilih oli berdasarkan warna yang menarik saja, tapi harus lebih bijak memilih oli mesin untuk memaksimalkan dan merawat mobil Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin