oli mesin

Mesin Mobil Perlu Ganti Oli Mesin

Indikasi Mobil Perlu Ganti Oli Mesin

Oli mesin mobil secara rutin perlu diganti. Hal ini merupakan salah satu aspek penting dalam perawatan mesin mobil guna mencegah mobil bermasalah saat digunakan. Pada setiap pergantian oli mesin, biasanya pemilik mobil disarankan berdasarkan jarak tempuh dengan satuan kilometer dan mengacu kepada buku manual kendaraan. Namun, aturan ini tidak dapat diberlakukan untuk semua mobil mengingat setiap pengendara menggunakan dan merawat mobilnya secara berbeda.

Oleh karena itu, ada beberapa indikasi sederhana yang bisa dijadikan acuan untuk mengganti oli mesin mobil. Indikasi pertama adalah jarak tempuh. Jika jarak tempuh melebihi dari yang direkomendasikan, dapat dipastikan bahwa oli mesin akan kotor. Hal itu menghambat kerja mesin.

Baca Juga : Mengenali Ciri Fisik Oli Mesin Rusak

Indikasi yang berikutnya adalah adanya perubahan pada warna oli mesin. Jika mobil sering digunakan dan oli mesin lama tidak diganti, maka terjadi perubahan tekstur kekentalan oli mesin bahkan warnanya juga terlihat hitam pekat. Perubahan warna oli mesin yang demikian bisa jadi disebabkan karena kondisi mesin sedang bermasalah.

Apabila suara mesin terdengar lebih kasar dari sebelumnya, bisa dijadikan sebagai indikasi oli mesin perlu diganti. Hal itu menandakan bahwa oli mesin sudah lagi tidak berfungsi dengan maksimal.

Indikasi lainnya adalah mesin mobil yang terasa cepat panas atau overheat. Kemungkinan hal ini terjadi karena adanya kebocoran sehingga oli mesin tidak melumasi mesin dengan maksimal dan kerja oli mesin juga tidak optimal.



WordPress Video Lightbox Plugin