sikring

Mengenal Jenis Sekring Mobil

Mengenal Jenis Sekring Mobil

Salah satu komponen penting pada sistem kelistrikan mobil adalah sekring. Fungsinya sebagai pengaman berbagai perangkat elektrikal di mobil. Seperti lampu, klakson, wiper dan lainnya. Dengan menggunakan sekring, jumlah arus listrik yang mengalir ke komponen atau aksesori mobil dapat dibatasi sekaligus mencegah korslet jika muncul kelebihan arus listrik.

Umumnya, sekring ini diletakkan di satu kotak yang berada di ruang mesin atau area dasbor mobil. Untuk sekring mobil, terdapat beberapa jenis. Baik dari bentuk dan warnanya. Awalnya, sekring yang digunakan mobil berdimensi besar dan menggunakan material keramik. Tapi untuk mobil modern, jenis sekring itu tak digunakan lagi. Kini sekring ukurannya makin kecil.

Lalu muncul sekring jenis tabung (tube fuse). Berbentuk silinder, sekring ini menggunakan kaca di bagian tengahnya. Menggunakan kaca bening, sehingga pengguna dapat melihat langsung jika sekring putus atau tidak. Jenis sekring ini banyak digunakan mobil yang beredar di 1980-an.

Setelah model tabung, kini muncul sekring blade atau tancap. Berbentuk pipih, sekring ini dipasang dengan ditancapkan. Sekring pipih ini digunakan karena sistem kelistrikan mobil makin rumit dan membutuhkan arus makin besar.

Baca Juga : Penggunaan Lampu Hazard Yang Tepat

Spesifikasi jenis sekring ini turut dibedakan berdasarkan warnanya. Setiap warna sekring menjelaskan perbedaan kemampuan menahan beban arus listrik. Meski diberi warna, badan sekring pipih ini masih tembus pandang. Artinya, kondisi kawat di dalamnya bisa dilihat masih terhubung atau putus.

Selain warna, sekring pipih ini disematkan angka kapasitas. Seperti sekring berwarna coklat kekuningan memiliki kapasitas 5 A (Ampere). Lalu warna coklat memiliki 7,5 A, merah 10 A, biru 15 A, kuning 20 A, putih 25 A, hijau 30 A dan oranye 45 A. Khusus untuk sekring pipih 45 A jarang ditemukan di mobil. Karena sekring mobil di atas 30 A, biasanya menggunakan model kotak.

Nah, sekring kotak ini juga ditancapkan tapi dimensinya lebih besar. Sama seperti sekring pipih, sekring kotak ini juga memiliki perbedaan spesifikasi dari warnanya. Seperti hijau berkapasitas 40 A, merah 50 A, kuning 60 A, hitam 80 A, dan biru 100 A.

Jenis terakhir adalah sekring utama yang berbentuk pelat. Sekring ini digunakan sebagai pengaman arus listrik utama mobil. Makanya sekring ini memiliki kapasitas Ampere yang besar. Biasanya sekring ini dilengkapi pelindung dan diletakkan dekat aki mobil.



WordPress Video Lightbox Plugin