Manfaat Kuras Tangki BBM

Manfaat Menguras Tangki BBM

Manfaat Menguras Tangki BBM, Ternyata Banyak!

Dalam merawat mobil, bisa dipastikan pemilik mobil hanya fokus pada komponen yang umum untuk diperhatikan. Sedangkan komponen tangki BBM kerap dilupakan kondisinya. Memang dalam perawatan berkala, tangki bensin bukan yang termasuk dalam daftar untuk dilakukan pengecekan. Padahal, masalah di mobil juga bisa datang dari penampung bahan bakar ini. Oleh sebab itu, pemilik mobil disarankan untuk menguras tangki BBM secara berkala.

Biasanya masalah yang timbul ada pada saluran BBM mobil. Karena jarang diperhatikan, kotoran di tangki jadi bertumpuk karena terlampau tingginya kadar air dan sulfur bahan bakar. Belum lagi hobi pemilik mobil yang kerap membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong, bisa menimbulkan korosi sehingga pompa bahan bakar bermasalah.

Manfaat dari menguras tangki BBM (bahan bakar minyak), salah satunya adalah agar tidak ada kotoran yang berpotensi menyumbat pasokan bahan bakar ke mesin.

Lantas, berapa lama idealnya tangki bahan bakar dikuras?

Kualitas bahan bakar yang digunakan juga mempengaruhi interval waktu menguras tangki. Bahan bakar dengan oktan rendah memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Sehingga menyebabkan filter cepat kotor. Sejatinya, sulfur yang mengendap bisa berubah menjadi kotoran dan lumpur. Kotoran itulah yang menghambat pasokan bahan bakar ke injector.

Manfaat kuras tangki untuk membersihkan endapan agar tidak terhisap. Bila sudah terjadi penyumbatan, pasokan bahan bakar tersendat dan ruang bakar bermasalah. Angka yang disarankan untuk menguras tangki adalah 50.000 Km.

Baca Juga : Ketahui Tanda Tangki Motor Kotor

Setelah menguras tangki, ada baiknya jalur bahan bakar juga ikut dibersihkan agar hasilnya terasa maksimal. Diantaranya adalah filter pompa bahan bakar, filter bensin dan injektor. Dengan begitu aliran bahan bakar lebih lancar, performa mesin terjaga di posisi ideal.