filter udara mobil

Manfaat Memantau Filter Udara Mesin Mobil

Ini Manfaat Memantau Filter Udara Mesin Mobil

Setiap mobil tentu memiliki filter udara mesin yang berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran sebelum masuk ke karburator atau injektor. Tujuan adanya filter udara mesin ini tentu untuk memberikan udara yang bersih pada proses pembakaran di dalam mesin.

Jika udara kotor masuk ke proses pembakaran, pembakaran yang terjadi tidak sempurna dan menyebabkan tenaga yang dihasilkan pun tidak maksimal. Oleh sebab itu pemilik kendaraan perlu memastikan kondisi filter udara mesin selalu dalam keadaan bersih.

Untuk menyaring kotoran dengan baik, filter udara standar mesin atau original equipment manufacturer (OEM), memiliki kerapatan pori-pori 12 – 25 micron yang dilengkapi dengan minyak di kertas filter. Sehingga partikel lebih kecil dari debu bisa tertahan di saringan udara.

Karena memiliki pori-pori yang sangat kecil, saringan udara standar ini tidak bisa digunakan dalam waktu lama walaupun sering dibersihkan. Pasalnya bahan kertas ini memiliki minyak yang bertugas menyaring kotoran-kotoran yang terkandung di udara. Sehingga ketika dibersihkan menggunakan air, pori-pori justru menjadi tertutup dan buntutnya menurunkan performa mesin.

Baca Juga : Pilihan Filter Udara Aftermarket Untuk Mobil

Maka dari itu, masa pakai filter udara mesin jadi tidak panjang. Pemilik mobil perlu melakukan penggantian setiap 15.000 – 20.000 km. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Saringan udara mesin yang tidak terlalu kotor, bisa dibersihkan cukup dengan cara menyemprotkan angin dari kompresor.

Yang jadi masalah jika filter udara tidak pernah dibersihkan atau tidak pernah diganti. Hal ini dapat membuat ruang bakar jadi lebih kotor atau berkerak, sehingga pemilik kendaraan berpotensi mengeluarkan biaya lebih besar untuk melakukan perbaikan dan performa mesin menurun.



WordPress Video Lightbox Plugin