kompresi mesin motor

Kenali Gejala Kompresi Mesin Motor Menurun

Kenali Gejala Kompresi Mesin Motor Menurun

Kebanyakan pengendara motor tidak memahami tanda-tanda penurunan kompresi mesin motornya. Apabila penurunan kompresi mesin motor terus dibiarkan, maka dapat memengaruhi kinerja komponen lainnya. Bahkan dapat meningkatkan risiko turun mesin. Biasanya, untuk motor yang sudah berumur 5 tahun ke atas, sangat rentan mengalami masalah kompresi rendah atau turun.

Nah, sebagai pengguna motor tentu perlu mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan akibat adanya penurunan kompresi mesin motor. Beberapa gejala kompresi mesin motor menurun seperti :

–  Tenaga mesin yang seolah hilang karena besar kecilnya daya pembakaran
  Mesin bisa mati secara tiba-tiba saat dikendarai dan susah untuk dihidupkan kembali. Tentu hal ini berisiko saat harus bermanuver cepat seperti saat menyalip kendaraan.
  Knalpot mengeluarkan asap berwarna putih yang berpolusi.
  Pemakaian oli mesin lebih cepat habis atau berkurang drastis dari sebelumnya jika dilihat dari level oli yang pada dipstick.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Berubahnya Tekanan Kompresi Mesin Mobil

Dari gejala-gejala itu, dapat diketahui beberapa penyebab kompresi mesin motor menjadi turun.  Salah satunya ring piston yang sudah aus dikarenakan selalu bergesekan dengan dinding silinder. Oleh karena itu, celah ring membesar karena ring semakin mengembang dan menyebabkan kompresi turun serta tenaga motor bisa hilang.

Selain itu, pengaturan celah katup yang terlalu rapat sehingga menyebabkan udara yang keluar masuk menjadi lebih sedikit. Tidak hanya itu, packing kepala silinder yang sudah rusak sudah tidak lagi mampu merapatkan kepala silinder dengan blok silinder. Kondisi itu juga berdampak pada hasil proses pembakaran.

Seal busi yang tidak rata dikarenakan adanya kerak yang mengganjal pada permukaan seal juga bisa menyebabkan tekanan kompresi mesin bocor keluar melalui lubang busi. Segera bawa motor ke bengkel untuk pemeriksaan lebih detail bila mengalami beberapa gejala di atas.



WordPress Video Lightbox Plugin