Akselerasi Motor Matik

Ini Penyebab Akselerasi Motor Terasa Berat

Faktor Ini Jadi Penyebab Akselerasi Motor Matik Berat

Pernah merasa akselerasi motor semakin berat? Umumnya pengguna motor pernah merasakan kondisi seperti ini. Termasuk pengguna motor matik terlebih jika usia motor sudah tergolong tua. Lantas, apa penyebab masalah ini?

Biasanya akselerasi awal terasa lebih berat dari normalnya. Gejala yang muncul adalah ketika handle gas diputar, ada jeda waktu sebelum motor mulai melaju. Nah, beberapa hal yang patut diketahui pengguna motor terlebih dulu adalah cara kerja mesin.

Agar mesin motor dapat hidup, sebetulnya hanya perlu 3 komponen yakni bahan bakar, kompresi mesin dan sistem kelistrikan. Tiga elemen inilah yang pertama harus diperiksa untuk mengetahui mengapa akselerasi motor menjadi terasa berat.

Faktor penyebab paling umum akselerasi motor terasa berat adalah akibat mulai menumpuknya kotoran di sistem penyalur bahan bakar. Jika sudah menggunakan sistem injeksi, solusinya dengan memeriksa dan bersihkan bagian injektor. Untuk motor berkaburator, bagian yang dicek dan dibersihkan komponen bagian dalam karburator. Sehingga campuran bahan bakar dan udara tetap terjaga sesuai kebutuhan normal.

Baca Juga : Ketahui Gejala Kerusakan Komponen CVT Motor Matic

Cek pula kompresi mesin lebih tinggi atau tidak dengan memeriksa kondisi piston, ring piston dan klep. Jika pernah turun mesin dan mengganti piston, set ulang klep. Tak jarang, akselerasi motor makin berat bisa karena filter udara yang sudah kotor. Disarankan untuk ganti filter udara.

Penyebab lainnya yang sering ditemui juga bisa berasal dari komponen di CVT. Biasanya kampas kopling ganda yang sudah tipis dan aus. Bisa pula dari kondisi v-belt yang sudah aus. Jika hanya kotor, biasanya mekanik akan membersihkan dan mengampelas permukaan kampas ganda agar lebih menggigit. Sebelum dipastikan ada yang harus diganti, pihak bengkel tentu mengetes dan memeriksa kedua bagian tersebut terlebih dahulu.



WordPress Video Lightbox Plugin