Ini Cara Cuci Helm yang Benar

Ini Cara Cuci Helm yang Benar

Simak, Ini Cara Cuci Helm yang Benar

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas dampak dari helm yang kotor apalagi tidak pernah dicuci. Helm yang kotor bisa menyebabkan penyakit dermatitis seboroik. Penyakit ini menyebabkan kulit kepala menjadi merah, berketombe, dan bersisik.

Apalagi jika kita sering bertukar helm, akan ada potensi terkena kutu rambut dari pengguna lain. Idealnya, helm dicuci 1-2 bulan sekali tergantung intensitas penggunaan. Nah berikut cara mencuci helm yang benar Bro Deltalube.

Lepas interior helm

Mayoritas helm, memiliki interior yang bisa dilepas untuk dicuci. Namun pada helm seri low end, masih ada helm yang tidak bisa dilepas komponen interiornya. Copot semua komponen interior helm yang meliputi crown pad, cheek pad, neck roll, dan chin strap. Lepaskan kancing pengait atau Velcro yang merekatkan interior helm, untuk membukanya.

Cara mencuci

Setelah interior helm terlepas, rendam dalam air bersih. Lebih baik jika suhu airnya hangat. Kemudian gunakan deterjen cair untuk membersihkannya. Bisa diusap atau digosok dengan tangan, atau disikat perlahan menggunakan sikat berbahan lembut. Perhatikan kain interior helm saat membersihkan. Usahakan untuk memberihkannya secara perlahan, agar kain tidak rusak. Remas juga komponen interior, agar busa didalamnya juga ikut bersih.

Jika sudah bersih, bilas hingga tidak ada lagi sabun yang menempel. Kita bisa mengeringkannya dengan cara diperas secara lembut, atau menggunakan pengering mesin cuci. Tapi hati-hati Bro Deltalube, ada beberapa merk helm premium, yang akan rusak busa interiornya jika dikeringkan pakai pengering mesin cuci.

Pengeringan

Untuk pengeringan lebih lanjut, cara terbaik adalah dengan diangin-anginkan. Kita bisa gunakan bantuan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Metode lainnya adalah dengan menjemurnya di tempat teduh, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Sinar matahari langsung dikhawatirkan bisa mengurangi kemampuan busa helm, dalam meredam benturan. Sinar matahari langsung juga berpotensi memudarkan warna pada kain interior helm.

Bersihkan visor helm

Saat cuci helm, bersihkan juga visor atau kaca helm agar pandangan kita tetap maksimal. Cara terbaik adalah dengan menggunakan air saja. Kandungan kimia pada cairan pembersih, bisa melemahkan struktur polikarbonat pada visor helm.

Baca Juga: Visor Helm Motor Juga Perlu Perawatan 

Basahi atau semprot visor helm dengan air, lalu diamkan selama 2 menit agar kotoran melunak. Bersihkan visor menggunakan lap microfiber yang bersih. Usap searah secara perlahan hingga bersih. Jangan lap visor helm dengan cara memutar, karena berpotensi membuat baret.