Mobil Bekas

Indikator Mobil Bekas Pernah Tabrakan

Bagian Ini Bisa Jadi Indikator Mobil Bekas Pernah Tabrakan

Dengan kondisi lalu lintas perkotaan yang padat kendaraan, risiko mobil mengalami kecelakaan atau tabrakan tentu lebih tinggi. Baik di jalan raya maupun tol. Nah, tabrakan ringan atau berat biasanya meninggalkan bekas walau umumnya pemilik mobil sudah berusaha memperbaiki sebelum menjual mobilnya.

Tidak semua jejak bekas tabrakan bisa diperbaiki hingga seperti semula. Yang membahayakan adalah jika setelah reparasi tapi mengakibatkan sebagian fungsi komponen jadi terganggu. Tentu hal ini mesti menjadi perhatian utama bagi calon pembeli mobil bekas. Ada beberapa hal yang bisa dicermati untuk mengetahui mobil bekas pernah mengalami tabrakan atau tidak.

  1. Cek riwayat

Hampir semua kasus kecelakaan di jalan raya umumnya terdata. Baik dari kepolisian, perusahaan asuransi kendaraan atau bengkel. Dengan mengecek data dari pelat nomor mobil dari beberapa pihak tersebut, bisa diketahui riwayat mobil bekas yang diincar.

  1. Cek area bagasi

Meski bekas tabrakan sudah direparasi, tapi di beberapa area sambungan plat panel bodi di seputar area bagasi mobil bisa menjadi petunjuk mobil pernah tabrakan atau tidak. Umumnya tidak bisa diperbaiki seperti semula.

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas Yang Masih Bagus

  1. Perhatikan cat bodi

Pengecekan cat bodi memang butuh ketelitian. Hal ini karena harus mencermati tiap panel bodi mobil dengan detail. Yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian warna cat di tiap panel. Bila dicat ulang, bisa terjadi warna cat baru lebih muda atau tua dibanding cat di panel bodi lainnya. Semisal, cat tutup tangki BBM.  Cermati juga tekstur cat. Permukaan bodi juga harus diraba. Biasanya cat yang asli terasa lebih halus. Sedangkan panel yang dicat ulang terasa lebih kasar.

  1. Kap mesin

Yang perlu dicek di area ini adalah engsel kap mesin. Seperti kondisi baut-bautnya. Jika terdapat goresan, itu menjadi indikasi beberapa bagian sudah diganti atau berubah dari kondisi normal. Begitu pula pada kerapian konstruksi tulang di balik kap mesin.

  1. Karat di bodi

Periksa jika ada karat pada beberapa bagian mobil. Adanya karat mengindikasikan pernah ada cat yang mengelupas akibat benturan.

  1. Cek ruang mesin

Ruang mesin tergolong memiliki konstruksi yang rumit. Tingkat kesulitan untuk merepasi area ini cukup tinggi. Periksa sambungan plat bodi, kesesuaian bentuk sisi kanan dan kiri ruang mesin, dudukan atas sokbreker depan, dudukan radiator dan lainnya.

Memang, untuk melihat jejak fisik bekas tabrakan di mobil bekas perlu kejelian. Karena bisa saja reparasi yang dilakukan mendekati sempurna. Jika merasa ragu, tak ada salahnya menggunakan jasa dari ahli untuk inspeksi mobil lebih detail.

 



WordPress Video Lightbox Plugin