karet pintu

Indikasi Kerusakan dan Perawatan Karet Pintu Mobil

Indikasi Kerusakan dan Perawatan Karet Pintu Mobil

Karet pintu menjadi salah satukomponen mobil yang sering terlupakan. Bagaimana tidak, karet pintu memang posisinya jarang dilihat pengguna mobil. Terlebih bagi pengguna mobil yang jarang mencuci mobilnya sendiri. Sehingga jika ada kerusakan karet pintu mobil, pengguna tidak langsung mengetahuinya hingga muncul masalah.

Namun sebelum melangkah lebih jauh mengenai kerusakan karet pintu mobil, perlu diketahui fungsinya yaitu untuk merapatkan celah pintu. Sehingga membuat pintu dalam kondisi rapat. Makanya karet pintu juga bisa menghalau masuknya angin, air, debu dan lumpur ke dalam kabin mobil. Baik dalam keadaan mobil berhenti atau melaju sekali pun.

Indikasi kerusakan

Kerusakan pada karet pintu karena pemilik kendaraan kurang perhatian pada mobilnya. Salah satu yang sering terjadi adalah lepasnya karet pintu dari bingkai pintu, sehingga efeknya pintu menjadi sulit untuk ditutup.

Indikasi lainnya adalah timbul bising angin dari sela-sela pintu ketika mobil sedang melaju. Dan yang paling menyebalkan, ketika terjadi kebocoran dari sela-sela pintu saat hujan turun. Umumnya, penyebab karet pintu mobil rusak adalah karena getas atau ada kotoran yang menumpuk. Sehingga saat buka-tutup pintu, karet pintu bisa robek. Jika beberapa indikasi itu muncul, bersiaplah untuk mengganti karet pintu mobil.

Baca Juga : Cara Merawat Pintu Geser Mobil

Perawatan karet pintu

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan untuk menjaga umur dari karet pintu mobil lebih panjang. Yang perlu dilakukan hanya melakukan pembersihan menggunakan air ketika mencuci mobil dan mengeringkannya kembali. Untuk menjaga kekenyalan dan kelembabannya, bisa juga menggunakan cairan silikon.

Sedangkan jika karet pintu mobil terlepas dari bingkainya, tinggal dirapikan kembali dengan menambahkan perekat di baliknya. Yang terakhir, hindari karet pintu terkena benturan selain bagian pintu. Pasalnya kondisi ini berpotensi untuk merobek karet pintu.



WordPress Video Lightbox Plugin