Efek Sering Telat Ganti Oli Gardan Motor Matik

Gejala kampas ganda motor matik mulai aus

Waspadai Ausnya Kampas Ganda Motor Matik

Salah satu komponen di dalam Continuously Variable Transmission (CVT) pada motor matik adalah kampas ganda. Motor matik menggunakan kampas kopling ganda yang berfungsi untuk menekan dan menahan mangkuk kopling. Sehingga transfer tenaga mesin bisa diteruskan ke roda belakang motor matik.

Ketika kampas kopling ganda motor matik mulai aus atau menipis, bisa membuat tenaga mesin yang disalurkan menjadi tidak maksimal. Beberapa gejala yang timbul akibat kampas ganda motor matik mulai aus sebenarnya bisa diketahui sejak dini.

Gejala pertama yang bisa diketahui adalah adanya getaran yang timbul dari kampas ganda dan mangkuk otomatis sehingga ada celah serta putarannya tidak seirama. Gejala lain yang muncul, bisa dirasakan saat adanya suara gesekan hingga decitan. Pada saat motor mulai berakselerasi atau hendak melaju lagi dari putaran mesin rendah, muncul decitan sesaat. Umumnya, gejala ini terjadi pada motor matik yang sudah berumur atau yang minim perawatan.

Baca Juga : Ini Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Aus

Gejala yang berikutnya adalah akselerasi awal terasa lebih berat dibanding sebelumnya. Begitu pula saat motor sudah melaju, terasa lebih tak bertenaga untuk menambah kecepatan. Hanya suara mesin yang meraung, tapi penambahan laju motor tidak seimbang. Hal ini berisiko saat hendak menyalip kendaraan lain atau melintasi jalan menanjak.

Tentu, kondisi itu perlu dihindari karena menyangkut keselamatan berkendara. Jika beberapa gejala tadi sudah muncul, memang keausan kampas ganda motor matik sudah terjadi. Untuk memastikan kampas ganda motor matik sudah aus atau belum bisa dilakukan pemeriksaan kondisi fisiknya. Lebih mudah terlihat dengan cara membuka penutup CVT dan melihat ketebalan kampas.

Namun, pemeriksaan bisa juga dilakukan berdasarkan jarak tempuh dari motor tersebut. Untuk pemakaian normal, umumnya antara 24.000 – 35.000 kilometer sudah terjadi keausan pada kampas kopling dan perlu penggantian komponen.