Cari Kami

Ciri Helm Berkualitas dan Seberapa Pentingnya Helm ?

Saat Anda berkendara sepeda motor, pasti tak lepas dari yang namanya helm. Yah, helm adalah salah satu perlengkapan yang diperlukan saat mengedarai sepeda motor terutama di jalan raya yang ramai dengan kendaraan. Namun, sudahkah Anda mengetahui ciri helm berkualitas itu seperti apa? Lalu sebenarnya seberapa penting helm digunakan saat mengendarai sepeda motor? Untuk mengetahuinya, silahkan Anda ikuti bahasan pada artikel kali ini.

Ketika mengendarai sepeda motor, pasti terdapat berbagai persyaratan yang harus dikerjakan dan dipatuhi oleh pengendara. Itu semua bertujuan untuk keselamatan bagi pengendaranya dan juga mengurangi terjadinya resiko kecelakaan. Termasuk adalah helm yang merupakan alat keselamatan paling utama, yang melindungi pada bagian kepala. Karena bagian dari kepala ini sangat sensitif sekali jika terjadi benturan, baik dengan benda yang keras maupun dengan jalan.

Selain itu helm juga dapat melindungi penglihatan pengendara, dari debu atau kotoran yang lainnya. Helm juga merupakan syarat utama dalam berkendara, baik untuk orang tua ataupun anak-anak, ketika sedang berkendara menggunakan sepeda motor diwajibkan untuk mengenakan helm. Namun kebanyakan orang yang tidak memperhatikan peraturan ini, dan banyak yang beralasan ketika menggunakan helm ketika berkendara sepeda motor hanya bertujuan untuk menghindari terjadinya tilang polisi lalu lintas.

Bahkan tidak sedikit orang-orang yang mengendarai sepeda motor tidak memperhatikan helm yang dikenakannya, padahal helm yang digunakan sudah tidak layak pakai. Selain itu kebanyakan orang yang mengendarai sepeda motor yang menggunakan helm, tidak memperhatikan helm tersebut. Hanya dikarenakan keindahan atau hiasan pada helm tersebut yang dapat menarik dengan berbagai warna dan motif dan lain-lain.

Ketika menggunakan helm untuk berkendara yang paling terpenting adalah bagaimana memilih helm yang berkualitas yang baik, menarik dan bisa tampil untuk bergaya, dan yang paling penting adalah nyaman ketika digunakan.

Ketika berkendara, helm sangat berperan penting dalam keselamatan. Karena sebagai alat pelindung keamanan pada bagian kepala, helm yang kenakan harus nyaman dan pas untuk pengendara yang menggunakannya, karena jika tidak pengendara tidak nyaman kemungkinan akan mengganggu sekali ketika berkendara.

Sebagai alat pelindung kepala, helm ini sangat penting digunakan ketika berkendara, karena jika tidak menggunakan helm ketika kecelakaan anggota tubuh yang terluka paling parah adalah kepala. Dipastikan ketika menggunakan helm harus sesuai dan pas dengan kepala, karna jika terlalu kecil atau terlalu besar akan mengganggu sekali. Jika menggunakan helm yang terlalu kecil akan berakibat aliran darah pada leher dan aliran darah ke otak akan terhambat dan tidak lancar, dan juga akan menjadikan si pengendara sepeda motor mengalami sakit kepala dan akan mengganggu pada penglihatan.

Dan jika menggunakan helm yang terlalu besar juga akan mengganggu, karena helm yang terlalu besar ketika digunakan akan terasa lebih berat. Hal ini akan menjadikan si pengendara menjadi hilang karena beban helm di kepala. Kondisi ini kemungkinan akan menjadikan terjadinya kecelakaan.

Berikut ini adalah ciri helm yang berkualitas baik untuk digunakan dalam berkendara :

  1. Helm berukuran pas dengan kepala
    Jika Anda menggunakan helm yang terlalu besar atau kecil, itu akan menggangu Anda ketika berkendara dan juga tidak akan memberikan manfaat sama sekali. Kemungkinan jika Anda menggunakan helm yang terlalu besar atau telalu sempit, kemungkinan akan menjadikan terjadinya kecelakaan, yang seharusnya mengungtungkan pada pengendara sepeda motor justru merugikan pada pengendara.
  2. Helm Beratnya Cukup Ringan
    Kenyaman ketika menggunakan helm adalah dari beratnya. Jika helm terlalu berat akan mengganggu pengendara yang menggunakannya karena harus menahan dan menjaga keseimbangan ketika menggunakan helm yang berat dan malah menjadika hilangnya fokus ketika berkendara. Namun jika menggunakan helm yang ringan tapi kuat akan membuat pengendara menjadi nyaman, dan tidak membebani pengendara,dan juga menjadikan pengendara bisa fokus dengan jalan.
  3. Memiliki sertifikat SNI
    Helm yang sudah memiliki sertifikasi, pada setiap negara pasti memiliki standarisasi keamanan yang berbeda-beda. Untuk di Indonesia, helm-helm yang dijual harus memiliki standar kemanan yaitu Standar Nasionnal Indonesia atau SNI. Karena helm yang sudah memiliki sertifikasi SNI sudah lulus uji dan boleh digunakan.
  4. Helm bentuknya sesuai standar keamanan
    Helm yang paling baik adalah helm yang sudah memiliki dan memenuhi standar keamanan. Sebaiknya pilihlah helm yang sudah memiliki prosedur SNI, karena helm yang sudah mendapatkan prosedur dari SNI berarti sudah lulus uji dan sudah boleh digunakan karena sudah terjamin.

 

Selain itu pilihlah helm yang lapisan cangkang luarnya membungkus pada seluruh kepala dan juga memberikan ruang untuk melihat., karena jika tidak keseluruhan  kemungkinan ketika terjadi kecelakaan pada daerah wajah tepatnya pada dagu akan terluka. Pastika juga helm tersebut terbuat dari cangkang yang tebal dan kuat jika terjadi benturan yang keras.

Itulah uraian mengenai ciri helm yang berkualitas dan pentingnya helm bagi pengendara sepeda motor. Gunakan kelengkapan selalu dalam berkendara sehingga keselamatan tetap terjaga. Semoga pembahasan ini dapat menambah informasi bagi Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin