bearing roda

Ciri Bearing Roda Motor Rusak

Ini Ciri Bearing Roda Motor Rusak

Bearing adalah komponen penting untuk bagian roda motor. Bearing bertugas untuk menjaga agar poros atau as roda tidak langsung bergesekan dengan rumah roda. Bearing roda motor yang bekerja dengan baik dapat mengurangi gesekan saat ban berputar, sehingga putaran roda menjadi lancar.

Tapi bearing roda pun memiliki masa pakai. Terlebih melihat kondisi jalan di Indonesia yang kurang baik. Seperti jalan rusak dan bergelombang dan banyak polisi tidur. Usia pakai bearing roda pun bisa makin pendek ketika motor sering digunakan untuk mengangkut beban yang berlebih.

Ada beberapa ciri kerusakan bearing roda yang perlu dikenali pengguna motor. Tak kalah penting, segera mengganti komponen itu agar kerusakan tidak merembet ke komponen roda yang lainnya.

Munculnya suara kasar

Hadirnya suara kasar ini dari bagian roda dan timbul ketika motor dijalankan pada kecepatan tertentu. Seharusnya di kondisi normal, suara itu tidak hadir saat motor kondisi jalan. Suara itu timbul karena bulir bearing tidak presisi lagi sehingga timbul gesekan berlebih dan menimbulkan suara gemuruh. Jika sudah dalam kondisi itu, sebaiknya segera mengganti bearing. Pasalnya jika tidak diganti, bulir bearing bisa rusak dan berpotensi merusak komponen kaki-kaki lainnya.

Baca Juga : Bahaya Bearing Roda Mobil Rusak

Kemudi terasa bergetar

Di kondisi ini karena bulir bearing sudah rusak sehingga membuat ruang yang seharusnya tidak terjadi karena susunan bulir bearing semestinya padat. Kondisi itu pada akhirnya menimbulkan getaran di roda dan akhirnya mencapai setang motor.

Roda depan bergoyang

Gejala ini sangat terasa ketika motor berjalan melindas permukaan jalan dengan perbedaan tinggi. Seperti melindas marka jalan, bodi motor pun terasa tidak stabil atau bergoyang. Kondisi ini karena ada kelongaran pada bearing roda. Sehingga bisa membuat motor goyang saat roda mendapatkan tekanan lebih dari jalan.

Untuk mengecek kondisi bearing roda cukup mudah dan dilakukan dalam kondisi motor berhenti. Dorong ban dengan tangan di sisi samping. Jika saat didorong ban terasa goyah, hal itu berarti kondisi bearing sudah mulai rusak.



WordPress Video Lightbox Plugin