Cari Kami
suhu mesin

Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil

Cara Tepat Memanaskan Mesin Mobil

Memanaskan mesin mobil di pagi hari memang penting dilakukan. Termasuk mobil modern yang sudah mengusung teknologi Electric Fuel Injection (EFI). Terpenting adalah cara yang digunakan tepat.

Masih banyak pemilik mobil yang mempertahankan ritual memanaskan mesin mobil lebih dari 5 menit, walaupun mobilnya sudah tergolong canggih. Hal ini sah-sah saja, asal dilakukan secara tepat.

Lalu bagaimana cara yang tepat memanaskan mesin mobil termasuk sesaat sebelum dipakai untuk beraktivitas? Berikut beberapa cara memanaskan mobil agar maksimal, tanpa memberikan efek negatif pada mobil.

Baca Juga : Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Di Pagi Hari?

Durasi 1 menit

Hindari memanaskan mesin mobil terlalu lama, hal ini percuma karena membuang bahan bakar sia-sia. Cukup lakukan maksimal 1 menit, setelah itu mobil bisa digunakan dengan menjalankan perlahan hingga indikator suhu mencapai ideal.

Hindari menekan pedal gas

Untuk menjaga putaran mesin stasioner agar tidak mati, kadang saat start awal, pengendara menginjak pedal gas. Hal ini tidak perlu dilakukan, karena membuat bahan bakar terbuang percuma.

Mobil modern sudah makin canggih dan sistem pembakaran sudah injeksi, jadi kebiasaan menekan pedal gas tersebut bisa ditinggalkan saat memanaskan mesin mobil.

Area terbuka

Hindari memanaskan mesin mobil di ruang tertutup. Karena memanaskan mobil di dalam garasi atau area tertutup, bisa membahayakan diri maupun orang lain yang berada di ruangan tersebut. Tak lain karena gas buang mobil mengandung Karbondioksida (CO2) yang sangat mengganggu pernafasan.

Matikan AC

Jangan menghidupkan AC saat memanaskan mesin mobil. Saat AC dinyalakan, kipas radiator juga berputar. Jika kipas radiator berputar, proses pendinginan mesin juga berjalan, padahal mesin baru saja dipanaskan.

Maka dari itu, gunakan AC ketika suhu mesin sudah mencapai titik idealnya. Sehingga kinerja mesin terhadap kompresor AC tidak terlalu berat.

Sirkulasi pelumas

Hilangkan anggapan bahwa memanaskan mesin mobil harus lama sampai pelumas naik dan merata. Pelumas zaman sekarang sudah memiliki kualitas lebih baik, sehingga tidak perlu terpaku anggapan itu.

Pada mobil modern mayotiras sistem sudah diatur sistem elektrik yang disetel melalui program komputerisasi. Sirkulasi pelumas pun terjadi jauh lebih cepat, sehingga mesin tetap aman meski mobil langsung melaju hanya dengan memanaskan mesin kurang dari 1 menit.



WordPress Video Lightbox Plugin