temperatur

Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Di Pagi Hari?

Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Di Pagi Hari?

Salah satu kebiasaan pemilik mobil adalah memanaskan mesin di pagi hari sebelum berangkat beraktivitas. Tujuannya agar oli mesin bersirkulasi dengan baik ke seluruh bagian mesin dan mencapai suhu kerja ideal sebelum memacu mobil.

Ternyata kebiasaan memanaskan mesin tersebut sudah tidak lagi relevan dengan teknologi mesin modern. Pasalnya, mayoritas mobil saat ini sudah menggunakan teknologi Electric Fuel Injection (EFI).

Dengan teknologi ini, semua sudah diatur dengan sistem elektrik dengan kerja komputer. Sirkulasi oli mesin jauh lebih cepat, sehingga mesin tetap aman meski kendaraan langsung melaju tanpa adanya ritual memanaskan mesin lebih dulu.

Beda halnya dengan mobil lawas, terutama yang diproduksi sebelum 1990-an. Teknologinya belum secanggih dan sepresisi sekarang. Celah antar komponen masih cukup lebar dan material penyusunnya pun masih sederhana.

Saat itu, rutinitas memanaskan mesin diperlukan agar komponen-komponen memuai dan berada di bentuk ideal, sehingga kinerja mesin bisa optimal. Pada mesin-mesin lama, komponen kelistrikan seperti alternator, regulator dan aki membutuhkan pemanasan mesin untuk memproduksi dan menyimpan listrik.

Baca Juga : Sistem Pendingin Pada Mobil

Jadi, perlu atau tidaknya ritual memanaskan mesin mobil di pagi hari sebelum beraktivitas, jawabannya ada pada mobil yang digunakan.

Tapi jika masih ingin mempertahankan ritual memanaskan mesin mobil selama beberapa menit, walau mobil tergolong canggih, hal itu sah-sah saja. Perlu juga dipertimbangkan beberapa efek negatifnya, seperti:

  • Semakin lama mesin dipanaskan, maka semakin bahan bakar yang terbakar.
  • Bisa menebar polutan di lingkungan sekitar, apalagi jika dilakukan dalam ruangan yang tertutup seperti garasi.

Beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa memanaskan mesin penting dilakukan, terutama untuk kendaraan yang belum dilengkapi teknologi injeksi. Itu pun dengan catatan, sebaiknya dilakukan dalam waktu singkat agar bahan bakar tidak terbuang percuma.



WordPress Video Lightbox Plugin