rawat krom

Cara Mudah Merawat Bodi Mobil Krom

Cara Mudah Merawat Bodi Mobil Krom

Pabrikan mobil menyematkan beberapa bodi krom sebagai aksen untuk meningkatkan penampilan. Aksen krom ini biasanya digunakan pada bagian gril, lampu depan, foglamp, lampu belakang, spion, handel pintu dan pintu bagasi.

Melihat bodi krom ini yang memberikan kilau menjadikan komponen ini pun perlu dirawat secara berkala. Pasalnya jika tidak mendapatkan sentuhan khusus biasa bodi krom akan menjadi kusam.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab bodi krom menjadi kusam? Kondisi iklim di Indonesia yang tidak menentu dan sering parkir di luar rumah menjadi dampak bodi krom menjadi kusam. Padahal musuh utama dari bodi krom adalah air hujan yang memiliki nilai pH tinggi hingga menimbulkan proses oksidasi atau berkarat.

Mau tidak mau pemilik mobil harus rajin-rajin mencucinya setiap terkena air hujan. Untuk pembersihan bodi krom sebenarnya tidak sulit, karena hanya menggunakan air pun sudah cukup jika tidak kotor.

Baca Juga : Cara Merawat Body Mobil Agar Cat Tidak Mudah Pudar

Tetapi jika kotor, diperlukan pembersih dengan sampo khusus cuci mobil untuk membersihkannya. Cukup dengan sampo mobil, bodi krom bisa dibersihkan secara maksimal. Lalu bagaimana jika noda tetap membandel? Tidak perlu khawatir karena saat ini banyak tersedia obat pembersih khusus bodi krom di pasar yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda-noda.

Karena bodi krom ini memiliki lekukan-lekukan yang sulit dibersihkan, bisa menggunakan bantuan sikat untuk membersihkan bagian krom yang sulit dijangkau dengan tangan. Jangan lupa untuk segera mengeringkan permukaan bodi krom setelah dicuci. Pengeringan ini bisa menggunakan kain lap dengan tekstur halus.

Hindari membersihkan kotoran atau menggosok dengan cairan pembersih dengan mengandung bahan kimia. Karena bisa membuat warna krom tidak berkilau lagi melainkan menjadi kuning. Karena cairan yang mengandung bahan kimia umumnya bersifat abrasif atau mudah mengikis lapisan krom.



WordPress Video Lightbox Plugin