cuci mobil

Cara Merawat Body Mobil Agar Cat Tidak Mudah Pudar

Rawat Bodi Mobil Agar Cat Tidak Cepat Pudar

Penampilan mobil bisa menggambarkan karakter pemiliknya. Jika mobil selalu bersih karena rajin dirawat, pemilik mobil tentu dinilai apik. Tapi masih banyak yang belum mengetahui cara merawat cat mobil agar tetap bersih sehingga warnanya tidak mudah pudar.

Sebenarnya melakukan perawatan bodi mobil, khususnya cat mobil, cukup mudah asalkan terbiasa. Berikut beberapa cara merawat cat mobil agar bersih, mulus dan tidak cepat pudar.

 

Jangan parkir sembarangan

Hindarkan mobil dari teriknya matahari. Usahakan mencari area parkir yang teduh seperti di bawah kanopi atau bangunan jika ingin memarkir mobil cukup lama. Pasalnya, kalau mobil sering diajak berjemur, memicu cat mobil cepat pudar. Belum lagi risiko terkena kotoran burung atau getah pohon yang dapat merusak cat.

Saat malam hari, hindari memarkirkan mobil di tempat yang terbuka. Karena embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan bodi mobil.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, dapat mengakibatkan cat mobil mengalami retak-retak kecil. Gunakan sarung mobil saat parkir di area terbuka agar terhindar air dan kotoran yang dapat memudarkan cat mobil.

Cuci mobil menggunakan sampo khusus

Gunakan sabun atau sampo khusus mobil ketika mencuci mobil, karena sampo mobil memiliki formula yang telah disesuaikan untuk merawat cat mobil. Hindari menggunakan deterjen dan sabun colek untuk mencuci mobil, karena mengakibatkan cat mobil semakin tipis dan permukaannya kasar.

Gunakan kain lap lembut

Gunakan kain halus dan bersih setiap kali mengelap bodi mobil sehabis dicuci. Kain lap yang kotor dapat menyisakan bekas noda dan membuat warna cat terlihat tidak bersih.

 

Baca Juga : kotoran Saat Parkir Mobil Di Bawah Pohon

 

Hindari mengelap bodi mobil saat kering

Jika bodi mobil dalam keadaan kering. Mobil harus disiram air terlebih dahulu sebelum dilap. Karena jika mengelap bodi mobil dalam keadaan kering, permukaan bodi mobil terlihat tidak bersih dan meninggalkan goresan kecil. Partikel debu yang menempel pada bodi mobil dapat menggores cat mobil.

Cuci mobil teratur

Cucilah mobil secara teratur untuk mencegah kotoran yang menempel di bodi mobil terlalu lama, karena dapat mengurangi kilau cat mobil. Sebaiknya, cuci mobil di area yang memiliki atap atau teduh sehingga terhindar dari cahaya matahari langsung.

Jika mobil habis kehujanan, segera siram dengan air bersih lalu keringkan. Lebih bagus lagi kalau langsung mencucinya. Karena air hujan mengandung asam yang dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan. Belum lagi kemunculan water spot di beberapa area bodi mobil yang membuat cat tampak kusam.



WordPress Video Lightbox Plugin