cuci sepatbor

Cara Mudah Membersihkan Sepatbor Mobil

Cara Mudah Membersihkan Sepatbor Mobil

Jangan anggap sepele dengan keberadaan sepatbor mobil. Terlepas dari fungsinya menahan lumpur yang terciprat oleh ban saat berputar, ternyata kotoran dapat merusak bodi mobil jika tidak dibersihkan.

Ya, hal ini disebabkan oleh warnanya yang hitam dan berada di bagian bawah mobil, sepatbor sering jarang dibersihkan. Padahal sepatbor mobil menjadi tempat tumpukan tanah dari permukaan jalan. Sehingga jika jarang dibersihkan bisa menyebabkan korosi pada area sekitar sepatbor.

Lalu bagaimana cara membersihkannya? Sebenarnya membersihkan sepatbor mobil tidak sulit. Dengan bantuan mesin yang bisa mengeluarkan air bertekanan, lapisan tanah dan kotoran yang menempel bisa lepas dari permukaan sepatbor. Termasuk celah sempit di antara sambungan pelat bodi.

Jika tidak menggunakan air bertekanan, tentu pun bisa dilakukan dengan cara konvensional. Yaitu dengan menyiapkan air, sabun cair, kain lap dan sikat nylon. Jangan khawatir dengan menggunakan alat tersebut sepatbor bisa kembali bersih. Hindari memakai sabun colek atau batang karena dapat meninggakan bekas putih di permukaan.

Baca juga : Tips Mengilapkan Bodi Motor Yang Kusam

Sebelum melakukan pembersihan, sebaiknya melepas ban agar ruang kerja lebih besar dan banyak area yang bisa dibersihkan. Setelah melepas ban, siram seluruh area sepatbor untuk membuat kotoran menjadi lunak. Lalu gunakan sikat nylon dan sabun cair untuk menyeka ke seluruh area agar mendapatkan bersih maksimal.

Jangan lupa gunakan juga sikat nylon berukuran kecil agar bisa membersihkan area yang sempit. Tak jarang ditemui kotoran yang menempel kuat. Untuk sabun yang digunakan, disarankan sabun yang memiliki kandungan deterjensi cukup tinggi, agar kotoran mudah terlepas pada bagian sepatbor.

Setelah itu siram dengan air untuk membilas sabun dan kotoran yang sudah melunak. Lakukan cara itu beberapa kali, jika masih melihat bagian sepatbor yang masih kotor dan untuk mendapatkan hasil maksimal.



WordPress Video Lightbox Plugin