pilih oli mesin

Cara Memilih Oli Mesin Terbaik

Cara Memilih Oli Mesin Terbaik

Bagi kebanyakan orang yang tidak paham mesin, fungsi oli mesin mungkin sebatas pelumas mesin saja. Padahal, oli mesin terbaik memiliki fungsi lain yang tak kalah penting dari sekadar melumasi komponen internal mesin mobil.  Seperti, sebagai pendingin dan penstabil suhu mesin, pelumas anti-karat, dan juga sebagai penutup celah pada dinding mesin. Karena dengan adanya oli mesin maka gesekan antar komponen menjadi lebih halus.

Memang, biasanya di bengkel akan direkomendasikan jenis oli mesin mobil yang cocok untuk mobil Anda. Tapi, juga harus diketahui seperti apa oli mesin terbaik untuk mobil Anda. Beberapa cara ini dapat digunakan untuk memilih oli mesin terbaik.

Perhatikan bahan pembuat oli mesin mobil. Biasanya oli mesin dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu oli sintetik, oli mineral dan oli semi-sintetik.

Cara paling simpel untuk memilih oli mesin mobil terbaik untuk mobil adalah dengan melihat buku manual yang didapat saat pembelian mobil. Di dalam buku tersebut lengkap dijelaskan perihal spesifikasi mesin dan jenis oli mesin terbaik untuk tipe dan model mobil. Yang perlu digarisbawahi adalah kecocokan antara oli mesin dengan mesin serta kualitasnya.

Perhatikan hal ini saat memilih oli mesin mobil yaitu sertifikasi yang dimiliki oleh oli mesin. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi antara lain, API, ACEA, ILSAC, dan JASO.

Cek tipe dan kekentalan oli mesin. Walaupun memiliki fungsi yang sama, tapi sayangnya oli mesin tidak dapat melindungi mesin secara maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter dan kebutuhan mesin mobil. Biasanya perbedaan tersebut dapat terlihat dari kekentalan cairan oli mesin secara kasat mata. Spesifikasi kekentalan oli mesin ini penting untuk diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan mesin. Mayoritas oli mesin memiliki dua set angka sebagai petunjuk oli multigrade. Sesuaikan angka itu dengan yang tertera di buku manual. Dengan begitu, mesin dapat bekerja dengan lancar dan masa pakai yang lebih lama.

Baca Juga : Waspadai Perubahan Viskositas Oli Mesin



WordPress Video Lightbox Plugin