karpet mobil

Cara Memilih Karpet Mobil Untuk Musim Hujan

Cara Memilih Karpet Mobil Untuk Musim Hujan

Karpet menjadi salah satu kelengkapan penting di interior mobil. Bertindak sebagai alas kaki, karpet mobil juga perlu dirawat agar tetap bersih. Terlebih di musim penghujan, perlakukan perawatan karpet mobil tentu berbeda. Karena saat musim hujan, interior bisa lebih cepat kotor dan cuaca yang lembab dapat membuat interior beraroma kurang sedap.

Salah satu penyebab interior mudah tampak kotor dan bau lembab itu karena karpet mobil. Di saat musim hujan, saat pengemudi atau penumpang masuk ke mobil membawa air serta kotoran dari alas kaki. Alas kaki yang basah itu menyebabkan air dan kotoran bersarang di karpet mobil. Hingga pada akhirnya pemilik kendaraan perlu piawai dalam memilih karpet mobil yang sesuai kebutuhan di musim hujan.

Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk memilih karpet mobil untuk musim hujan. Pemilik mobil tidak disarankan menggunakan karpet mobil berbahan beledu. Sebab, karpet jenis beledu lebih mudah dan banyak menyerap air. Selain itu, lebih sulit untuk dibersihkan saat terkena air atau kotoran lumpur yang terbawa kaki penumpang.

Lain halnya dengan karpet mobil berbahan karet atau pvc. Bahan ini tentu tidak menyerap air. Jika sudah kotor, karpet bisa dikeluarkan dan dibersihkan dengan mudah menggunakan kain lap atau dicuci sekali pun. Tak hanya itu, karpet mobil berbahan karet ini juga lebih cepat kering.

Baca Juga : Solusi Bau Apek di Kabin Mobil Jarang Pakai

Di samping bahan dasar karet, perhatian perlu ditujukan pada bagian permukaan karpet mobil. Baik permukaan atas maupun bawah. Upayakan mencari permukaan karpet mobil yang memiliki motif bergelombang atau serabut sehingga ada celah atau got untuk menampung air, pasir, atau kotoran yang terbawa kaki penumpang.

Sementara permukaan yang menempel dengan lantai atau karpet dasar, lebih baik pilih karpet mobil yang bagian bawahnya bergerigi atau kasar. Karena kalau permukaan bawahnya licin, bisa membuat kaki tergelincir. Sehingga karpet bisa menghalangi pedal gas atau rem. Terakhir, pastikan ukuran karpet mobil yang dipilih sesuai dengan ukuran ruang kaki di mobil. Sehingga ukurannya tidak terlalu besar yang dapat menghalangi pengoperasian pedal-pedal.