kabin apek

Solusi Bau Apek di Kabin Mobil Jarang Pakai

Solusi Bau Apek di Kabin Mobil Jarang Pakai

Tak sedikit pemilik mobil mendapati kabin mobilnya tercium bau tak sedap atau apek. Padahal mobilnya jarang digunakan. Bau apek di kabin mobil ini tentu ada penyebabnya. Hal yang paling umum biasanya karena masalah kebersihan kabin. Meski ada juga kabin mobil yang bersih tetap saja muncul bau apek.

Salah satu penyebab munculnya bau apek yang berasal dari karpet mobil. Baik karpet berbahan karet atau non karet, tapi jika sudah lembab, tentu dapat menimbulkan bau tak sedap. Hal ini terjadi karena sebelumnya karpet pernah tertumpah cairan, bisa dari minuman atau lainnya. Selain itu bisa karena proses pengeringan karpet setelah pencucian tidak sempurna.

Terus berada di ruang kabin yang tertutup, kondisi seperti itu membuat munculnya bakteri yang menimbulkan bau apek. Untuk mengatasinya, seluruh karpet mobil perlu dikeluarkan dan dicuci bersih serta memastikan karpet kering menyeluruh. Jangan lupa untuk membuka seluruh pintu mobil agar udara di kabin bersirkulasi dan sisa bau apek bisa keluar.

Selain karpet, jok yang lembab pun bisa menimbulkan bau yang sama. Penyebabnya pun mirip, akibat terkena cairan atau keringat dan tidak mengering dengan baik. Hal ini terjadi terutama pada jok dengan bahan fabric atau kain. Jika terkena cairan, umumnya meninggalkan bercak atau noda di permukaan jok. Segera bersihkan sumber bau ini dengan cara mencuci jok dan mengeringkannya.

AC juga dapat menimbulkan bau apek saat dinyalakan. Penyebabnya adalah filter AC atau evaporator yang sudah kotor. Sehingga banyak bakteri yang menimbulkan bau sedap bercokol di situ. Solusinya adalah dengan mengganti filter AC dan membersihkan evaporator di bengkel servis AC.

Baca Juga : Mengapa Ada Bau Tak Sedap Di Kabin Mobil

Direkomendasikan, untuk mobil yang jarang digunakan sebaiknya setiap kali memanaskan mesin, seluruh pintu mobil termasuk bagasi dibuka. Hal ini agar udara di dalam kabin yang tertutup dan mengalami perubahan suhu berhari-hari dapat berganti secara berkala. Tak ada salahnya mengeluarkan karpet jika mobil sedang tidak digunakan.

Bersihkan juga dasbor, setir, panel pintu, konsol tengah, sabuk pengaman, dan plafon. Cermati pula jika ada jamur yang muncul di beberapa lokasi itu. Hindari penggunaan pengharum ruangan semprot untuk menghilangkan bau apek secara instan. Hal ini tidak menghilangkan sumber bau dan justru membuat sumber baru. Cairan pengharum ruangan bisa tersedot AC dan menempel di evaporator hingga membentuk jamur yang menimbulkan bau apek.

Di lain sisi, untuk menetralkan bau apek di kabin dapat menggunakan bahan alami seperti bubuk kopi, cuka apel atau baking soda yang ditempatkan di beberapa area di kabin. Bahan-bahan ini mudah didapat dan cukup ampuh untuk menyerap bau tak sedap di kabin.



WordPress Video Lightbox Plugin