Cara Kerja dan Jenis-jenis Airbag

Cara Kerja dan Jenis-jenis Airbag

Cara Kerja dan Jenis-jenis Airbag

Untuk sebuah mobil masa kini, peranti keselamatan seperti airbag sudah lumrah ditemui. Bahkan untuk sekelas mobil LCGC sudah mengaplikasikan fitur ini. Sesuai dengan Namanya, airbag adalah sebuah kantong udara yang menjadi peranti keselamatan tambahan pada mobil. Tujuannya, agar dapat mengurangi cidera pada penumpang mobil ketika terjadi kecelakaan.

Secara fungsi dan cara kerja airbag akan mengembang dalam sepersekian detik untuk melindungi bagian vital tubuh seperti kepala, leher dan dada saat terjadi benturan.

Selain itu, airbag juga berfungsi untuk memperlambat gerak laju penumpang dalam waktu yang sangat singkat. Cara kerja Airbag berfungsi ketika sensor mendeteksi ada perlambatan kecepatan yang signifikan dan terjadinya benturan keras pada bagian tertentu.

Sensor yang umumnya terletak di bagian depan mobil segera mengirimkan signal dan membuat kawat mekanisme kantung udara menjadi panas. Dari panas tersebut menghasilkan sejumlah gas nitrogen untuk mengisi kantung airbag. Setelah mengembang sempurna akibat benturan, airbag secara perlahan akan mengempis karena nitrogen yang ada di dalam kantong mulai keluar.

Penempatan airbag itu sendiri yang umum ditemukan ada di setir mobil. Selebihnya tergantung tipe dan merek mobil, setiap pabrikan memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk fitur yang satu ini. Ada yang mengaplikasikan di baris depan saja atau sampai ke penumpang baris paling belakang. Biasanya, semakin banyak airbag, semakin tinggi kelas dan harga mobilnya.

Baca juga : Fitur Teknologi Wajib Pada Mobil Zaman Sekarang

Ada beberapa jenis airbag yang sudah diaplikasikan di mobil. Biasanya, jenis airbag terdiri berdasarkan letak di mana airbag terpasang. Jenis-jenis airbag adalah sebagai berikut:

Driver airbag

Ini adalah airbag yang paling umum ditemukan di mobil. Seperti namanya, driver airbag berfungsi untuk melindungi si pengemudi. Oleh sebab itu, driver airbag terletak di roda kemudi mobil.

Passenger airbag

Airbag ini memang diperuntukan melindungi para penumpang mobil. Mulai dari yang duduk di samping pengemudi, penempatannya di dalam dashboard mobil. Sedangkan untuk penumpang baris kedua dan selebihnya, berbeda-beda penempatannya, setiap pabrikan punya resep masing-masing.

Side airbag

Dengan adanya airbag ini, tubuh pengemudi dan penumpang dapat terlindungi saat ada benturan sari sisi samping. Tentunya bertujuan mengurangi dampak cidera yang ditimbulkan saat terjadi kecelakaan.

Curtain airbag

Yang terakhir adalah curtain airbag, umumnya terpasang pada atap bagian dalam mobil. Tujuannya melindungi kepala dan leher saat terjadi benturan yang sering terjadi saat mobil terguling.