Bearing

Bearing Roda Motor Juga Perlu Dirawat

Bearing Roda Motor Juga Perlu Dirawat

Salah satu komponen motor yang cukup vital adalah bearing atau dikenal laher roda. Bearing roda ini didesain minim friksi, sehingga sewaktu roda berputar dapat terjaga kestabilannya.

Pada dasarnya fungsi bearing roda untuk menjaga poros atau as roda tidak langsung bergesekan dengan roda. Tapi sayangnya laher roda ini sering luput dari perawatan. Sehingga banyak kejadian putaran roda motor lebih berat lantaran laher roda sudah goyang maupun aus akibat minim perawatan.

Nah, dikarenakan fungsinya yang sangat vital, laher roda juga memerlukan perawatan rutin. Berikut beberapa perawatan laher roda agar awet dan tahan lama.

Baca Juga : Deteksi Roda Goyang

Pelumasan

Salah satu bentuk perawatan laher roda yaitu adanya pelumasan. Pelumas yang digunakan adalah grease atau gemuk lumas. Untuk laher roda yang salah satu sisinya terbuka, sebaiknya diberi grease agar tidak mudah rusak. Untuk pilihan produk grease, bisa menggunakan Deltalube 056 General Purpose Grease.

Pelumasan menggunakan grease tersebut juga berfungsi untuk mencegah rembesan air hujan supaya tidak masuk ke celah-celah bulir yang bisa memicu terjadinya karat jika lama dibiarkan.

 

Hindari menerjang jalan rusak

Agar laher roda awet, juga perlu menghindari menerjang jalan rusak ataupun berlubang. Kalau motor sering diajak menghantam melindas lubang dengan cepat, selain pelek bisa peyang, laher roda juga lebih cepat rusak.

Kerusakan laher roda, bisa diketahui dengan pergerakan motor yang terasa tidak stabil dikarenakan bulir yang ada di dalam laher roda sudah longgar dan tidak lagi presisi.

Untuk memantau kondisi laher roda sudah rusak atau belum, cek roda motor dengan cara digoyangkan ke kiri dan kanan. Jika roda terasa goyang, maka tandanya laher roda sudah rusak. Laher roda tidak bisa diperbaiki, apabila mengalami kerusakan maka harus segara diganti dengan yang baru.



WordPress Video Lightbox Plugin