Agar Perjalan Jauh Nyaman, Periksa Bagian Ini

Agar Perjalan Jauh Nyaman, Periksa Bagian Ini

Agar Perjalan Jauh Nyaman, Periksa Bagian Ini

Hingga kini bepergian jauh dengan kendaraan pribadi khususnya mobil sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun perlu perisapan matang untuk melakukannya, terlebih sampai keluar pulau. Harus dipastikan kendaraan dalam kondisi prima, dalam hal ini mobil. tujuannya agar perjalan menjadi nyaman, aman dan anti mogok.

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan dari mobil itu sendiri? Yuk simak sama-sama.

Air Radiator

Radiator adalah komponen penting di mobil, kinerjanya menjaga suhu mesin selalu ideal. Harus dipastikan air radiator dalam keadaan penuh. Cek juga bagian reservoir, pastikan sudah ada di level yang disarankan. Tidak ada salahnya untuk memeriksa slang yang berhubungan dengan radiator. Bila sudah menggelembung atau retak, segera menggantinya. Pastikan juga slang tersebut terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran.

Oli Mesin

Mobil untuk perjalanan jauh harus dipastikan mendapatkan pelumasan dengan baik, oli mesin salah satunya. Periksa level oli mesin dalam keadaan ideal. Caranya melalui deepstick alias stik oli. Level oli tidak boleh terlalu banyak atau sedikit. Pastikan pula batas waktu (kilometer) pemakaian oli sesuai dengan jarak tempuh perjalanan. Bila dirasa tidak cukup, sebaiknya diganti dengan oli baru.

Baterai

Baterai alias aki mobil tidak boleh absen dari pemeriksaan.

Bila tidak, pengalaman mogok di jalan bakal menghantui saat perjalanan. Periksa baut kutub aki, bila kendur segera dikencangankan lagi. Bersihkan dari kotoran atau kerak yang menempel. Untuk yang masih menggunakan aki basah, periksa level air aki. Bila kurang tambahkan dengan air aki murni. Sedangkan yang sudah menggunakan aki kering, cek indikator aki. Bila sudah masuk ke masa expired, segera diganti dengan yang baru.

Rem

Komponen ini sangat vital fungsinya, karena berhubungan dengan keselamatan penumpang. Periksa level minyak rem, pastikan ada di posisi ideal. Bila level oli kurang, boleh curiga bila ada kebocoran. Untuk komponen ini sebaiknya diserahkan ke bengkel, untuk memastikan bekerja dengan baik.

Baca Juga : Trik Pengereman Mobil di Jalan Licin atau Basah 

Ban

Ban juga menjadi bagian yang cukup penting, terlebih saat masuk ke musim penghujuan. Periksa fisik ban, bila sudah menyentuh TWI (Tread Wear Indicator) sebaiknya diganti demi keamanan. Cek pula tekanan angin di ban dalam keadaan ideal seperti yang disarankan pabrikan mobil.

Lampu

Cek juga bagian lampu mobil. mulai dari lampu utama, lampu belakang, lampu sign dan lainnya. Sangat penting untuk perjalanan pada malam hari.

Wiper

Di saat musim hujan, komponen ini sangat vital fungsinya. Pandangan sopir menjadi terhalang akibat air hujan. Pastikan berfungsi dengan baik saat menyeka air hujan. Cek juga reservoir wiper, pastikan terisi dengan baik agar bisa berfungsi saat dibutuhkan.