4 Tanda Mobil Yang Wajib Melakukan Perawatan - Oli Motor

4 Tanda Mobil Yang Wajib Melakukan Perawatan

Sebagai pemilik mobil, perawatan kendaraan merupakan hal yang sudah wajib dilakukan. Mobil merupakan alat transportasi utama yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya, entah untuk keperluan kerja hingga liburan. Mobil sendiri memiliki masa-masa dimana membutuhkan sebuah perbaikan dan tentunya perawatan seperti layaknya manusia yang membutuhkan perawatan agar terhindar dari sakit.

Pada kasus mobil, perawatan dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan yang dapat berakibat fatal dan membuat fungsi mobil sebagai alat transportasi tidak bisa berjalan secara sempurna. Supaya mobil dapat dijaga kondisinya agar selalu prima dan siap digunakan, pemilik mobil harus benar-benar memperhatikan perawatan secara berkala. Akan tetapi, mungkin sebagian dari Anda hanya mementingkan beberapa komponen yang dianggap penting. Padahal pada kenyataannya semua komponen mobil memiliki peran dan fungsi masing-masing yang mendukung kinerja performa mobil agar semakin maksimal.

Berikut ini merupakan beberapa tanda mobil yang menunjukkan indikasi adanya kerusakan pada komponen tertentu.

1. Asap yang Tebal

Asap yang tebal ini dapat dilihat ketika mesin mobil dihidupkan dan mengeluarkan asap yang tidak biasa. Asap tesebut cenderung akan bewarna hitam dan tebal. Tentunya kotoran asap ini bisa berbahaya bagi pengendara sekitar dan juga bagi kondisi lingkungan. Selain akan menambah polusi udara, asap tebal akan mengganggu pandangan pengendara yang berada di belakangnya. Oleh karena itu ketika knalpot mengeluarkan asap tebal, hal ini menandakan adanya masalah pada bagian mesin, bahkan mesin diesel sekalipun. Asap putih yang disertai dengan bau menyengat menandakan bahwa pada ruang pembakaran terdapat rembesan oli yang masuk. Lain hal ketika mobil baru pertama dinyalakan, asap putih menandakan ring piston sudah mulai melemah.

2. Kebocoran Cairan

Komponen cairan di dalam mobil antara lain adalah oli mesin, oli transmisi, radiator ,suspensi dan juga minyak rem. Ketika ada kebocoran pada cairan tersebut, cara mudah untuk mengetahuiya adalah dengan melihat lahan area parkir yang digunakan sebelumnya, apakah terdapat bekas noda cairan. Jika ada, Anda akan lebih mudah melihat komponen mana yang mengalami kebocoran tersebut.

Baca juga : Bahaya Rembesan Oli Mesin pada Kendaraan

3. Suara dan Getaran

Suara dan getaran merupakan hal yang wajar terjadi saat mobil digunakan, tetapi perlu dicatat bahwa suara dan getaran tersebut harus tetap dalam batas normal. Ketika Anda melewati polisi tidur, jika suspensi dan bushing roda mengeluarkan suara sebaiknya segera periksa ke bengkel terdekat. Jika mobil Anda mengeluarkan suara aneh saat setir diputar hingga mentok, hal ini menandakan adanya masalah pada power steering. Untuk kendaraan yang bergetar hebat, bisa jadi ini menjadi pertanda bahwa ada salah satu busi yang tidak berfungsi sehingga mesin menjadi pincang.

4. Tanda yang Tidak Wajar

Maksud dari tanda tidak wajar adalah ketika konsumsi BBM semakin boros, padahal cara menyetir Anda masih sama seperti sebelumnya. Hal ini menandakan bahwa mobil Anda perlu diservis. Selain itu, jika pemindahan transmisi terasa kasar hal ini juga menandakan bahwa ada masalah pada mesin mobil.

Sangat disarankan bagi Anda untuk mencatat hal-hal yang menurut Anda tidak biasanya terjadi pada mobil dan dikonsultasikan pada saat servis berkala. Anda juga bisa mencari informasi di internet seperti di blog Deltalube untuk mengetahui kira-kira apa yang terjadi dan apakah bisa diselesaikan sendiri.



WordPress Video Lightbox Plugin