Waspada! Jangan Tertipu dengan Pelumas Murah!

Waspada! Jangan Tertipu dengan Pelumas Murah!

Sumber gambar : videohive

Seperti yang kita ketahui, oli atau pelumas merupakan salah satu komponen yang penting dan menjadi kebutuhan utama dalam merawat mesin. Oleh karena itu tidak sedikit bisnis oli yang beredar di pasaran dengan beragam merek dan rentang harga. Namun tahukah Anda bahwa oli yang beredar di pasaran tidak semuanya asli? Kebutuhan oli mesin yang cukup tinggi membuat para oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kondisi ini dengan mengedarkan dan menjual oli palsu.

Oli palsu yang dijual juga biasanya memiliki harga yang cukup berbeda dengan harga produk yang asli, bahkan bisa dibilang jauh lebih murah. Oli murah ini berasal dari oli drum yang murah dan dikemas ke dalam botol-botol oli merek ternama. Hal ini terus terjadi karena penjualan produk secara online sudah semakin diminati oleh masyarakat, terutama di daerah-daerah yang jarang terjangkau dengan distribusi produk oli.

Sebagai pembeli yang pintar, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut supaya tidak tertipu dan salah membeli oli :

1. Harga

Pembeli yang pintar biasanya akan membandingkan harga di berbagai tempat dan tidak langsung melakukan pembelian hanya dengan mengunjungi satu toko saja. Hal ini berlaku terutama bagi Anda yang membeli di toko online, karena biasanya harga oli asli tidak akan berbeda jauh dengan harga yang dipasarkan di toko online. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk membeli oli di toko resmi, sehingga dapat melihat dan mengecek barangnya secara langsung.

2. Label pada kemasan

Label pada kemasan produk oli yang asli pasti lebih detail dan rapih tanpa ada cacat, karena jika ada cacat kemungkinan besar tidak akan dijual dipasaran. Pabrik oli pasti menggunakan teknologi percetakan/printing yang bagus dan berkualitas untuk mencetak label pada kemasan produk oli mereka.

3. Botol Oli

Botol oli yang digunakan oleh pabrik oli pastilah botol baru dan bukanlah botol daur ulang. Botol oli yang digunakan untuk oli oplosan merupakan botol-botol bekas yang dibeli dari bengkel-bengkel.

4. Bau dan Warna Oli

Oli yang asli dari pabrikan biasanya bewarna bening dan tidak berbau aneh, sedangkan oli palsu biasanya berbau aneh seperti bau gosong dan memiliki warna yang keruh.

Sebagai pemilik kendaraan dan pembeli yang pintar, usahakan untuk selalu mengecek kondisi barang sebelum membelinya. Bagi Anda yang ingin membeli produk oli melalui online, pastikan untuk mempertimbangkan kembali keputusan Anda dengan mengecek ulasan-ulasan yang diberikan dari transaksi sebelumnya agar tidak tertipu dan membeli oli palsu. Oli palsu tidak hanya akan membahayakan kendaraan Anda, tetapi juga Anda sebagai pengendara, karena kandungan oli yang sembarangan dapat merusak mesin.

Baca juga : Oli Palsu Beredar, Anda Harus Waspada Saat Membeli Oli



WordPress Video Lightbox Plugin