Trik Meninggikan Setang Motor

Trik Meninggikan Setang Motor

Ini Trik Meninggikan Setang Motor

Tidak asing jika kita melihat pemilik motor melakukan ubahan pada bagian setang. Modifikasi setang motor ini untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara sekaligus meningkatkan penampilan dari motor.

Ada pula alasan lain sehingga perlu melakukan ubahan pada setang, karena pabrikan motor menghadirkan posisi berkendara yang bisa dibilang disesuaikan untuk semua orang gunakan. Padahal setiap pengendara tidak memiliki postur tubuh yang sama, sehingga demi kenyamanan, pemilik motor melakukan ubahan setang. Selain mengubah bentuk setang, salah satu ubahannya adalah dengan menaikkan tinggi setang motor.

Hal yang paling mudah untuk diganti adalah setang itu sendiri. Pada prinsipnya semakin tinggi setang dan semakin dekat setang dengan pengendara, lebih mudah dijangkau untuk digenggam serta menghadirkan posisi berkendara lebih nyaman.

Di  beberapa toko aksesori motor pun banyak tersedia pilihan setang. Selain produk aftermarket, alternatifnya adalah menggunakan setang orisinal milik motor lain yang bentuknya lebih tinggi dan lebih nyaman untuk digunakan di motor.

Baca Juga : Amankah Semua Aksesori Aftermarket ?

Pemilihan desain setang memang selera pemilik motor. Tapi faktor keamanan perlu dipertimbangkan juga. Jika setang terlalu tinggi, tentu menyulitkan untuk melakukan manuver cepat dan terarah. Juga perlu memperhitungkan seperti panjang kabel dan slang yang menyambung pada setang seperti kabel gas, kabel tuas kopling, dan slang rem. Jika dirasa kurang, sebaiknya ganti kabel dan slang itu dengan ukuran yang lebih panjang. Sehingga tak mengganggu dan berisiko saat belok.

Jika opsi penggantian setang bukan menjadi solusi karena membuat penampilan menjadi kurang apik, juga bisa menggunakan riser. Riser adalah alat peninggi setang yang ditempatkan di segitiga bagian atas sebagai tempat dudukan setang motor.

Riser pun tersedia banyak pilihan bentuk dan warna, dari yang lurus dengan ketinggian beragam, hingga riser yang memiliki bentuk menjorok ke dalam sehingga lebih dekat dengan pengendara.



WordPress Video Lightbox Plugin