mobil matik

Trik Menggunakan Transmisi Otomatis Mobil Di Jalan Menanjak

Trik Pakai Mobil Matik Di Jalan Menanjak

Apakah mengendarai mobil transmisi matik di jalan menanjak memiliki perlakuan yang berbeda dengan mobil transmisi manual? Jawabannya bisa iya dan tidak. Yang sama adalah secara konsep, karena agar mobil tetap melaju secara maksimal caranya dengan menurunkan ke gigi transmisi lebih rendah.

Namun di mobil matik, mode berkendara berbeda dengan mobil manual. Jika di mobil manual gigi transmisi hanya berupa angka 1 sampai dengan 5, tetapi di transmisi otomatis mobil terdapat gigi D, 3, 2 dan L untuk maju.

Dalam hal ini pengemudi perlu paham mengenai fungsi transmisi otomatis sebelum menggunakannya di jalan menanjak. Pasalnya, jika salah dalam mengatur posisi transmisi bukan tidak mungkin, mobil tidak kuat saat digunakan melewati jalan menanjak.

Yang diperlukan adalah mengenali kemiringan dari jalan menanjak yang akan dilalui. Jika tanjakan yang ringan, hanya perlu menurunkan ke posisi gigi 3. Tetapi jika bentuk tanjakannya sangat curam, Anda perlu menurunkan ke gigi L (Low) agar mobil bisa menanjak.

Baca Juga : Kesalahan Umum Pengoperasian Transmisi Otomatis Mobil

Pengenalan kecuraman jalan menanjak ini sangatlah penting. Karena jika untuk jalan menanjak yang ringan menggunakan gigi L (Low) putaran mesin terlalu tinggi sehingga menyebabkan boros pada penggunaan BBM. Begitu juga sebaliknya, jika menggunakan gigi 3 atau 2 di tanjakan yang curam, mobil tidak kuat menanjak.

Hal yang perlu diingat juga adalah setiap perpindahan gigi dilakukan sebelum memulai menanjak. Karena ketika melakukan perpindahan gigi di saat sudah berada di jalan menanjak mobil akan kehilangan momentum atau gaya dorongnya. Sehingga kerja mesin lebih berat dan laju mobil dalam menanjak tidak maksimal.

Ingat juga, jika mobil dalam posisi macet di jalan menanjak, pindahkan gigi ke netral (N) dan aktifkan rem parkir. Hal ini dilakukan agar kerja transmisi otomatis lebih ringan.



WordPress Video Lightbox Plugin