Cari Kami
motor matic

Tips Motor Matic Panjang Umur

Agar Motor Matic Panjang Umur

Dibanding motor kopling dan bebek, motor matic memang lebih mudah dikendarai dan praktis. Tapi agar komponen motor matic panjang umur, butuh perlakuan dan perawatan khusus.

Untuk menjaga performa motor matic tetap dalam keadaan stabil hingga umur pakainya lebih lama, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Seperti memanaskan mesin secara rutin, penggunaan bahan bakar yang tepat, rutin mengecek aki, serta rutin mengecek CVT dan servis berkala.

Simak detail bagaimana perlakuan dan merawat motor matic agar panjang umur.

Baca Juga : Motor Matic Terjang Banjir, Segera Periksa Bagian Ini

Memanaskan mesin

Hal pertama yang dilakukan agar motor matic panjang umur adalah memanaskan mesin setiap pagi sebelum beraktivitas. Tujuannya agar oli mesin bersirkulasi dengan optimal dalam melumasi komponen mesin dan untuk mencapai suhu mesin yang ideal.

Suhu mesin yang ideal membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien. Panaskan mesin motor matic dengan durasi 2-3 menit.

Bahan bakar

Agar motor matic panjang umur, pastikan bahan bakar yang digunakan sesuai rekomendasi pabrikan. Hindari memakai bahan bakar oktan rendah atau terlalu tinggi, karena hal ini dapat meninggalkan kotoran di ruang tangki dan mesin ngelitik (knocking). Ketika terjadi knocking, komponen di dalam mesin mengalami keausan lebih cepat.

Atur kecepatan

Biar motor matic panjang umur, hindari akselerasi atau deselerasi mendadak. Sebagai gambaran, saat kecepatan tinggi langsung pengereman mendadak. Lalu menarik gas lagi hingga kencang, kemudian mengerem lagi dan dilakukan berulang-ulang.

Hal itu membuat komponen CVT (Continous Variable Transmission) cepat aus. Terutama kampas ganda dan rumah kampas ganda. Tidak hanya membuat masa pakai komponen CVT lebih pendek, tapi juga menyebabkan boros bahan bakar. Untuk akselerasi dan deselerasi, lakukan secara bertahap.

Rutin Cek CVT

CVT merupakan komponen vital bagi motor matic. Cek roller dan v-belt secara berkala. Bila sudah tidak layak pakai, ganti komponen baru yang orisinal. Komponen ini perlu tetap dijaga agar performa motor stabil dan terhindar dari mogok saat berkendara.

Cek aki

Tegangan aki juga perlu dicek berkala agar motor matic panjang umur. Pasalnya kinerja motor matic, terutama yang sudah injeksi, sangat mengandalkan kelistrikan yang disuplai dari aki.

Pastikan tegangan aki tetap stabil dan tidak sampai di bawah 12 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai, umur pakai motor juga jadi lebih pendek.

Hindari gas sambil ngerem

Kebiasaan memutar gas sambil menekan tuas rem, juga bikin motor matic tidak panjang umur. Hal ini biasa terjadi saat pengendara motor matic menghadapi kemacetan.

Kalau sering dilakukan, otomatis kampas kopling cepat habis. Rumah kampas kopling juga lebih cepat aus.

Servis berkala

Memang harus rajin melakukan servis berkala di bengkel resmi. Dengan melakukan servis di bengkel resmi, otomatis riwayat kerusakan komponen motor bisa terpantau dan lebih mudah melakukan diagnosis kerusakan.



WordPress Video Lightbox Plugin