v belt mesin

Tips Merawat V belt Mesin Mobil Agar Lebih Awet

Agar V-Belt Mesin Mobil Awet, Rawat Dengan Cara ini

Bagi penggemar otomotif, sudah tidak asing lagi dengan v-belt mesin mobil. V-belt mesin merupakan komponen penting yang posisinya di depan mesin mobil dan menghubungkan puli dari beberapa komponen mesin. Seperti Mulai dari alternator, water pump, hingga kompresor AC.

Umumnya, V-belt terbuat dari campuran serat nylon dan karet khusus, meski beberapa jenis V-belt ini ada pula yang dilapisi bahan kampas anti-slip di beberapa sisinya. Kondisi sabuk pemutar puli ini harus dipastikan tetap dalam kondisi prima agar kinerja komponen mesin mobil juga bisa optimal.

Ketika V-belt mesin bermasalah, maka beberapa komponen internal mesin mobil akan ikut bermasalah. Nah, sebelum terjadi masalah, ada beberapa cara untuk merawat V-belt mesin agar usia pakainya lebih lama.

Baca Juga : Cara Deteksi Kerusakan V belt

  1. Lakukanlah service berkala agar performa V-belt mesin mobil tetap terjaga. Selain itu juga bisa mencoba cara servis mesin mobil sendiri. Apabila telah melakukan perjalanan jauh atau pada saat jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 10.000 km, sebaiknya gantilah V-belt mesin.
  2. Agar performa V-belt terjaga, sebaiknya minial setiap 6 bulan harus melakukan penggantian V-belt. Walau jarak tempuhnya masih kurang dari 10.000 km.
  3. Selain melakukan perawatan mesin mobil secara rutin ke bengkel resmi, ada baiknya juga melakukan pengecekan secara visual pada V-belt mesin mobil, agar bisa mengetahui apakah kondisi V-belt masih layak pakai atau tidak. Jika memang ditemukan sudah dalam keadaaan retak atau tipis, maka segera ganti dengan yang baru (tidak perlu menunggu sampai 6 bulan sekali).
  4. Melakukan pengecekan kekencangan dari V-belt mesin mobil secara manual. Pastikan kondisi V-belt mobil tidak terlalu kencang atau kendur. Pastikan sesuai dengan ukuran dari standarnya. Apabila V-belt terlalu kendur, maka bisa mengakibatkan slip. Bila terlalu kencang, dapat membuat komponen yang diputar tidak bertahan lama atau awet.


WordPress Video Lightbox Plugin