klakson mobil

Tips Memilih Klakson Mobil Aftermarket

Cermat Memilih Klakson Mobil Aftermarket

Hampir setiap kendaraan sudah dilengkapi klakson sebagai kelengkapan standar. Tapi tak sedikit pemilik mobil yang kurang menyukai bunyi klakson standar mobilnya. Sehingga lebih memilih untuk menggantinya dengan produk aftermarket.

Sebagai alat komunikasi pengemudi kendaraan, tentu penggunaan klakson tidak boleh sembarangan. Ada peraturan yang mengatur bunyi klakson yakni klakson harus mengeluarkan bunyi dan dapat digunakan tanpa mengganggu konsentrasi pengemudi. Suara klakson paling rendah 83 desibel atau dB (A) dan paling tinggi 118 desibel atau dB (A).

Namun produk klakson aftermarket yang dijual di pasar memiliki banyak ragam spesifikasi serta harga yang ditawarkan. Nah, hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih klakson mobil aftermarket?

Secara tingkat kekerasan bunyi, bisa mencari klakson dengan kekuatan suara berkisar 112 dB hingga 118 dB. Sehingga suara yang dihasilkan lebih keras dan bisa terdengar dari jauh saat berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya.

Kriteria lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah memilih klakson dengan spesifikasi waterproof dan dustproof. Hal ini dikarenakan spesikasi klakson tersebut memiliki usia pakai yang relatif lebih panjang.

Baca Juga : Amankah Semua Aksesori Aftermarket ?

Untuk jenis klakson yang dipilih tergantung selera suara yang dihasilkan. Di pasar, tersedia jenis electric dan air horn. Tapi umumnya, untuk kendaraan pribadi menggunakan electric horn yang memiliki jenis piringan dan keong. Untuk klakson jenis piringan pada umumnya lebih tahan air karena desainnya cenderung tertutup serta menghasilkan suara yang nyaring dan keras.

Berbeda dengan klakson berjenis keong yang dan dilengkapi dengan corong udara yang membuatnya kurang tahan jika terendam air. Klakson ini menghasilkan suara yang keras tapi memiliki tone suara yang bulat sehingga meskipun keras tetapi tidak terdengar sakit di telinga.

Sedangkan untuk pemasangan, kedua jenis klakson itu tidak perlu mengubah pola kelistrikan kendaraan. Tapi perlu relay agar listrik yang digunakan lebih stabil dan hemat. Sehingga suara klakson yang dihasilkan bisa konstan.



WordPress Video Lightbox Plugin