tips berkendara aman saat musim hujan

Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Sumber Gambar : lb-law

Mengingat cuaca yang tidak menentu, Anda harus selalu hati-hati dan waspada saat berkendara. Terutama saat musim hujan, jalan raya akan bertambah licin dan jarak pandang akan terganggu karena air hujan. Tidak hanya itu saja, beberapa pengendara cenderung untuk mempercepat laju kendaraan ataupun ugal-ugalan agar sampai di tujuan lebih cepat. Inilah mengapa tingkat kecelakaan meningkat saat musim hujan tiba.

Maka dari itu, Anda harus tetap bisa waspada terhadap kondisi sekitar agar berkendara secara aman meskipun hujan lebat turun. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar bisa berkendara dalam hujan dengan aman dan nyaman.

1. Kondisi mobil yang prima

Dalam kondisi hujan, selain tingkat kewaspadaan pengemudi yang harus ditingkatkan, kondisi mobil juga harus tetap terjaga. Salah satunya yaitu kondisi ban agar masih dalam kondisi yang bagus dan memiliki tekanan angin yang cukup. Kondisi ban yang prima sangat dibutuhkan untuk menghadapi kondisi jalan yang licin, karena air hujan dapat membuat ban yang licin jadi tergelincir atau bahkan melayang di atas air yang disebut dengan aquaplaning.

Baca juga : Tips Mobil yang Wajib Dibaca oleh Pemilik Mobil

2. Perhatikan Jarak Aman Kendaraan

Pada saat cuaca normal, jarak aman yang direkomendasikan adalah sekitar 2 detik saat melakukan pengereman. Namun dalam kondisi hujan disarankan Anda untuk menambah jarak aman menjadi 3-4 detik saat melakukan pengereman atau sekitar jarak 2-3 mobil. Hal ini diperlukan untuk menghindari proses pengereman yang terlambat karena kondisi jalanan dan kendaraan yang basah. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah cipratan lumpur atau air yang dapat mengganggu pandangan Anda selama berkendara.

3.Nyalakan Lampu Utama

Jarak pandang Anda akan semakin berkurang saat hujan turun. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan pandang Anda selama berkendara dalam hujan, nyalakan lampu utama meskipun di siang hari. Dengan menyalakan lampu, pengendara lain juga akan terbantu ketika mereka datang dari arah yang berlawanan, sehingga mobil Anda akan lebih terlihat. Selain itu jangan nyalakan lampu hazzard meski hujan lebat. Lampu hazzard akan mengakibatkan pengendara lain menjadi kurang peka terhadap lampu rem karena terfokus dengan lampu hazzard. Terlebih lagi, pengendara lain jadi tidak tahu ke arah mana Anda akan berbelok.

4. Menepi Jika Hujan Terlalu Lebat

Ketika Anda merasa hujan menjadi semakin lebat dan kesulitan untuk melihat sekitar, hal yang perlu dilakukan adalah menepi. Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan, dan jangan lupa untuk menyalakan lampu hazzard saat menepi sebagai untuk memberitahu pengendara lain bahwa ada mobil yang menepi.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, terutama ketika hujan yang biasanya cukup rawan kecelakaan. Jangan terburu-buru untuk sampai ke tujuan dan selalu perhatikan keselamatan Anda dan orang di sekitar Anda.