AKI BASAH ATAU KERING

Tanda – Tanda Aki Motor Mulai Lemah

Cermati Tanda Aki Motor Mulai Lemah

Salah satu komponen penting pada motor injeksi yaitu baterai atau aki. Hampir semua motor model terbaru sudah mengadopsi aki jenis MF (maintenance free), yang tidak perlu lagi melakukan perawatan seperti mengisi air aki.

Karena beberapa hal, aki juga akan mengalami penurunan fungsi, sehingga berpengaruh terhadap kinerja motor injeksi. Untuk pemilik motor perlu mencermati beberapa faktor dan tanda-tanda aki motornya mulai lemah.

Umur aki

Seperti halnya komponen mesin motor lainnya, aki juga memilik usia pakai sekitar 2 tahun. Ketika umur aki motor lebih dari 2 tahun, perlu berhati-hati dan melakukan pengecekan aki agar tidak terjadi masalah di tengah perjalanan.

Susah starter

Salah satu tanda aki sudah mulai lemah adalah mesin susah distart menggunakan electric starter. Bisa jadi harus beberapa kali menekan tombol start, mesin motor baru bisa hidup. Tapi ketika mesin sudah panas, bisa menyalakan mesin dengan electric starter dengan mudah.

Mesin mati ketika kabel jumper dilepas

Men-jumper aki memang jadi salah satu cara untuk menyalakan mesin ketika aki sudah lemah. Aki motor yang sudah lemah dibantu oleh aki yang lebih sehat untuk mendapat daya listrik yang dibutuhkan untuk menstart mesin.

Tapi ketika kabel jumper dilepas, mesin motor mati. Hal ini sebagai penanda aki sudah kehilangan daya tampung arus listrik dan perlu segera diganti.

Putaran mesin tidak stabil

Gejala lain yang mengindikasikan aki lemah adalah mesin motor tidak stabil saat posisi idle. Lalu ketika dikendarai mesin tersendat. Walaupun mesin motor menyala ketika diengkol menggunakan kick starter, putaran mesin juga tidak stabil.

Baca Juga : Trik Agar Aki Kering Bisa Awet

Klakson dan lampu

Tanda-tanda aki sudah mulai lemah, umumnya diikuti dengan lampu utama motor ikut meredup dan suara klakson yang lebih pelan. Lampu sein juga tidak mau berkedip.

Lampu indikator aki

Tanda aki sudah lemah, juga bisa dilihat dari indikator pada panel di sekitar spidometer. Biasanya lampu berkedip-kedip atau menyala terus saat kunci kontak diputar ke posisi ON.

Kehadiran indikator pada beberapa motor saat ini, sangat memudahkan pemilik motor untuk mengenali kondisi aki jika mulai tidak layak pakai.

Mati total

Pada motor injeksi, jika aki sudah rusak, maka mesin tidak bisa dinyalakan sama sekali walau menggunakan kick starter. Oleh karena itu, penggantian aki harus dilakukan.



WordPress Video Lightbox Plugin