Posisi Setir Mobil Belok Saat Parkir, Merusak Power Steering

Posisi Setir Mobil Belok Saat Parkir, Merusak Power Steering?

Posisi Setir Mobil Belok Saat Parkir, Merusak Power Steering?

Tidak sedikit pemilik yang berpedoman bahwa saat parkir, setir atau kemudi mobil harus dalam keadaan lurus. Dengan alasan bisa merusak komponen power steering. Benarkah begitu?

Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Mengapa demikian? Yuk, kita bedah sama-sama.

Parkir dalam keadaan setir membelok memang bisa merusak komponen power steering. Hal ini bisa terjadi pada mobil yang masih menggunakan power steering model hidraulis. Sejatinya, power steering hidrulis bekerja menggunakan oli yang memberi tekanan pada rack steer. Tekanan itulah yang meringankan beban kerja tangan ketika memutar setir.

Saat setir sedang dibelokkan ke satu sisi, maka tumpuan beban tekananan oli power steering akan berada di salah satu bagian. Pada saat kondisi mesin mati, oli akan terus menekan dan tidak bersirkulasi.

Memang efeknya tidak akan terjadi secara instan. Namun bila dilakukan dalam jangka panjang, seal dan jalur oli tidak mampu menahan beban yang berujung bisa jebol. Oli power steering akan bocor sehingga tidak bisa bekerja secara optimal.

Lain halnya dengan mobil zaman now yang sudah mengaplikasi komponen power steering model elektrik atau EPS. Parkir dengan posisi ban membelok tidak akan berpengaruh pada perangkat ini.

Cara kerja EPS di mana motor ekektrik mendapat tenaga listrik atas perintah ECU yang bekerja mengikuti putaran mesin. Maka, ketika mesin mati tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau komponen elektrikal lain. Termasuk komponen EPS, motor elektriknya tidak mendapatkan tenaga listrik sehingga tidak terbebani seperti halnya power steering hidraulis.

Baca Juga : Masalah bila Oli Power Steering Bocor

Terlepas mobil boleh atau tidak parkir dalam keadaan setir membelok, parkir dengan ban lurus juga ada manfaatnya loh. Terutama pada mobil yang sedang parkir paralel. Hal ini akan memudahkan petugas parkir ketika memindahkan mobil. bayangkan bila setir dalam kedaaan belok, mobil akan susah dipindahkan.