Perawatan motor Deltalube - Periksa Hal-Hal Ini Jika Motor Anda Tiba-Tiba Mogok!

Periksa Hal-Hal Ini Jika Motor Anda Tiba-Tiba Mogok!

Apakah Anda pernah mengalami kondisi di mana lagi terburu-buru pergi ke kantor, konvoi bareng teman-teman, atau bahkan lagi jalan-jalan sama pasangan, lalu tiba-tiba motor Anda mogok? Tentu rasanya tidak mengenakkan sekali. Tidak hanya membuat panik, tetapi motor yang mogok di tengah jalan juga bisa membahayakan loh. Coba bayangkan kalau jalanan lagi padat-padatnya dan macet, kemudian motor Anda mogok tiba-tiba.

Mogok merupakan salah satu masalah yang biasa dihadapi pengendara motor. Penyebabnya pun juga beragam. Kita sebagai pengendara motor juga harus siap sedia apabila motor tiba-tiba mogok, supaya pengendara lain tidak terganggu dan tidak menyebabkan kecelakaan lalu-lintas. Lalu, apa yang sebaiknya Anda lakukan jika motor Anda mogok secara tiba-tiba di jalan?

Ada berbagai hal yang sebaiknya dicek ketika motor Anda tiba-tiba mogok, seperti:

  • Bensin

Kita semua tentu tahu bahwa bensin itu adalah keharusan dalam otomotif, karena tanpa bensin motor tidak mungkin bisa menyala, apalagi dikendarai. Oleh sebab itu, sesibuk apapun Anda, luangkan waktu untuk mengecek apakah bensin Anda masih cukup untuk perjalanan ke tujuan sebelum berangkat. Untuk mencegahnya, disarankan bagi pengguna motor untuk menggunakan bensin dengan kadar oktan diatas 92 agar klep tidak tersumbat oleh timbal yang dapat menyebabkan kemogokan.

  • Pengapian

Dalam berbagai kejadian, kemogokan motor biasanya disebabkan oleh pengapian yang tidak sempurna. Percikan api pada pengapian dibutuhkan agar uap yang diciptakan bisa masuk kedalam ruang pembakaran agar motor bisa menyala. Tanpa percikan api, sudah pasti motor tidak akan bisa menyala. Tidak adanya pengapian dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti busi motor, koil, CDI, rumah kontak, dan sepul yang terdapat di dalam motor. Komponen-komponen tersebut sangat berpengaruh terhadap kemogokan motor. Oleh sebab itu, apabila motor Anda mogok segeralah bawa ke bengkel terdekat untuk diperiksa oleh mekanik yang lebih ahli.

  • Aki

Aki yang sudah habis atau lemah bisa juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kemogokan pada motor Anda. Untuk mengecek aki, Anda bisa melihat speedometer, atau juga menyalakan lampu sein dan lampu depan. Apabila lampunya tidak menyala seperti biasa, berarti aki motor Anda sudah mau habis. Untuk pengecekan yang lebih akurat, Anda juga bisa mengecek menggunakan volt meter. Apabila tegangan aki motor Anda kurang dari 12.4 volt, berarti aki Anda sudah mengalami penurunan daya. Anda bisa menaruh volt meter di jok motor Anda untuk melakukan pengecekan aki.

Namun jika motor Anda tiba-tiba mogok di jalan, kami sarankan Anda langsung membawa ke bengkel terdekat agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut jika memang ada masalah pada motor Anda. Ada baiknya pula bagi Anda untuk membawa motor Anda ke bengkel secara berkala, agar bisa mencegah masalah-masalah yang bisa menyebabkan kemogokan di kemudian hari yang tentu bisa membahayakan perjalanan Anda.

Kita bisa menyimpulkan dari hal-hal diatas bahwa pengecekan rutin terhadap motor memang perlu dilakukan agar bisa mencegah kemogokan. Semoga artikel ini membantu!

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan?



WordPress Video Lightbox Plugin