lampu mobil

Perbedaan Lampu Halogen, Hid, LED

Ini Bedanya Lampu Halogen, HID, LED

Tidak hanya kendaraan yang mengalami pengembangan seiring berjalannya waktu. Teknologi sistem penerangan (lampu) pada kendaraan juga mengikuti. Di era tahun 90-an, kendaraan hanya menggunakan lampu berjenis halogen. Lampu ini dianggap canggih karena memberikan penerangan yang maksimal. Namun berjalannya waktu, muncul jenis lampu high-intensity discharge (HID) dan light-emitting diodes (LED) dengan teknologi terkini. Apakah perbedaan jenis lampu tersebut?

Lampu Halogen

Lampu halogen adalah lampu pijar biasa yang berisi filamen tungsten terbungkus kaca dan dimasukkan gas nitrogen, argon atau crypton. Sistem kerjanya, listrik yang masuk ke bohlam memberikan panas kepada filamen sehingga menimbulkan cahaya yang kemudian diperkuat oleh gas yang ada di dalam bohlam.

Lampu halogen memiliki intensitas cahaya cukup kuat sehingga banyak dipakai untuk lampu mobil atau motor. Tetapi lampu halogen juga memiliki kelemahan, yaitu lampu cepat panas sehingga rumah lampu cepat buram.

Lampu halogen memakan daya listrik cukup besar, minimal 55 Watt. Hal ini tentu berpotensi menguras aki pada motor atau mobil. Tapi lampu jenis ini memiliki harga yang paling terjangkau.

Lampu HID

Lampu HID memiliki singkatan High Intensity Discharge. Lampu HID terbuat dari campuran gas dan logam yang menghasilkan cahaya berwarna putih. Membutuhkan daya listrik lebih rendah dari halogen, tapi HID mampu menghasilkan cahaya lebih terang. Kelemahannya, harga lampu HID relatif lebih mahal dari halogen serta memerlukan ballast. Penggunaan lampu HID di atas 8.000 K tidak disarankan, karena penerangan saat hujan deras maupun kabut semakin berkurang.

Baca Juga : Plus Minus Pasang Lampu LED di Mobil

Lampu LED

Lampu Light Emitting Diodes ini menggunakan perangkat elektronik chip semi konduktor dengan hambatan dan dioda untuk menciptakan cahaya. Salah satu kelebihan lampu LED tidak menghasilkan panas seperti lampu halogen dan HID, sehingga lebih hemat energi dan tidak merusak rumah lampu serta memiliki umur pakai yang panjang. Tetapi cahaya lampu LED sangat terang dan berpotensi menyilaukan pengendara lain jika tanpa proyektor. Selain itu, jika ada 1 sisi rusak, lampu LED harus diganti semuanya.



WordPress Video Lightbox Plugin