Penyebab Oli Motor rembes Keluar Membasahi Area Mesin

Penyebab Oli Motor Rembes Keluar Membasahi Area Mesin

Penyebab Oli Motor Rembes Keluar Membasahi Area Mesin

Kondisi mesin sepeda motor yang bersih dan apik, tentu jadi dambaan penggunanya. Tapi, seiring berjalannya waktu, kondisi mesin motor akan jadi kotor akibat berbagai noda dan kontaminasi. Jika sebatas noda debu atau lumpur, relatif masih mudah dibersihkan. Tapi jika mesin motor sudah banyak noda oli mesin rembes yang ke luar, itu yang sulit. Mau berapa kali dibersihkan, dalam hitungan jam pasti mesin sudah kembali basah oli.

Sebelum kita mencari sumber kebocoran, sedikit akan kami jabarkan penyebab umum terjadinya kebocoran oli mesin. Penyebab utama kebocoran adalah dari area cylinder head dan cylinder block. Bisa dari gasket-gasket, atau karet o-ring camshaft cover yang sudah mulai aus. Komponen tersebut paling sering jadi penyebab kebocoran, karena berada di tempat yang suhunya paling tinggi pada mesin.

Selanjutnya, kebocoran oli mesin juga bisa dari gasket bak kopling, gasket bak magnet, seal kick starter, seal as gear, atau bahkan gasket knalpot. Langkah selanjutnya, kita harus mencari sumber kebocoran oli mesin di motor kita. Begini caranya Bro Deltalube.

Untuk mencari tahu sumber kebocoran, kita perlu kejelian khusus bro Deltalube.

Karena, oli mesin yang merembes, cenderung meluber kemana-mana. Untuk itu, kita wajib untuk bersihkan secara menyeluruh noda oli yang membasahi area mesin. Kemudian, hidupkan dan lajukan motor sebentar saja. Matikan mesin, lalu lihat secara seksama area mesin. Lihat titik sumber kebocoran. Jika sudah, kita bisa lanjutkan menjalankan kembali mesin untuk melihat potensi kebocoran oli di titik lain. Jika tidak ditemukan titik kebocoran lain, atau aliran oli hanya mengarah ke satu sumber saja, kita bisa fokus untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Gasket Atau Paking

Jika Bro Deltalube sudah paham bongkar pasang mesin, bisa dikerjakan sendiri. Tapi jika ragu, lebih baik diperbaiki di bengkel langganan saja. Sedikit tips dari kami, hindari penggunaan lem gasket yang berlebihan dalam merekatkan gasket. Lem yang berlebihan malah bisa jadi sebab kebocoran, bahkan hingga menyumbat jalur oli.



WordPress Video Lightbox Plugin