shift lock

Pahami Fungsi Shift Lock Transmisi Otomatis

Pahami Fungsi Shift Lock Transmisi Otomatis

Kalau masih ada yang mengatakan, mobil bertransmisi matik tidak bisa didorong saat parkir paralel, sebaiknya jangan langsung percaya. Terlebih mobil matik keluaran baru. Kenapa? Karena banyak pabrikan mobil sudah menyematkan tombol shift lock pada sistem transmisi otomotis. Tombol shift lock ini umumnya mudah terlihat dan ada di sekitar tuas transmisi.

Fungsi dari tombol shift lock adalah supaya posisi transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N (netral). Hal ini untuk memudahkan saat pemilik mobil ingin memarkirkan kendaraannya pada formasi paralel. Jadi saat kendaraan menutup mobil lain yang hendak keluar dari area parkir, petugas parkir bisa dengan mudah memindahkannya dengan mendorong mobil, karena roda mobil tidak terkunci.

Cara mengoperasikan shift lock pada mobil matik ini cukup mudah. Setelah mobil dimatikan dan anak kunci dicabut, tekan tombol shift lock dan geser tuas transmisi ke posisi N. Meski begitu, tak semua mobil menempatkan shift lock dalam bentuk tombol. Ada juga jenis shift lock berupa lubang, yang rata-rata ditemui pada mobil yang sudah menggunakan fitur smart key atau keyless.

Secara fungsi, sebenarnya tidak berbeda dengan model tombol. Hanya saja proses penggunaannya sedikit berbeda lantaran harus memasukkan anak kunci. Lubang shift lock ini biasanya berada di samping tuas transmisi.  Sebagai informasi, mobil-mobil yang menggunakan smart key tetap dibekali anak kunci yang bisa digunakan saat darurat.

Baca juga : Ketahui Cara Menderek Mobil Matik

Jika sudah mengaktifkan shift lock, hal lain yang perlu diperhatikan pengemudi mobil matik saat parkir paralel adalah tidak mengaktifkan rem parkir. Karena jika rem parkir diaktifkan, maka sama saja mobil tak bisa didorong.

Tanpa shift lock, tuas transmisi tidak bisa dipindahkan ke posisi N. Sedangkan jika tuas transmisi diposisikan di N ketika parkir, anak kunci tidak bisa dicabut. Sebagian mobil matik lain bahkan tidak bisa dimatikan mesinnya sebelum transmisi berada pada posisi P.



WordPress Video Lightbox Plugin