tambal ban

Mengenal Jenis Tambal Ban

Mengenal Jenis Tambal Ban

Pernah mengalami ban kendaraan bocor saat berkendara? Mayoritas pengguna kendaraan pernah mengalami hal ini. Ketika menjumpai ban kendaraan bocor karena benda tajam, tentu mencari segera tambal ban agar dapat kembali bermobilitas.

Namun, sebenarnya di saat ban kendaraan bocor, hindari asal tambal tanpa mengetahui jenis-jenis tambal ban. Karena jika salah aplikasi penambalan ban, justru bisa merusak ban kendaraan sehingga biaya yang dikeluarkan malah menjadi besar. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tambal ban yang perlu diketahui pengguna kendaraan.

Tambal ban bakar

Tambal ban ini hanya bisa dilakukan pada ban dalam, tidak untuk ban jenis tubeless. Tambal ban bakar ini memberikan lapisan karet tambahan pada bagian ban dalam yang bocor dengan cara dibakar atau dipanaskan lalu dipres agar lapisan karet itu menyatu dengan ban dalam.

Tambal ban tubeless

Tubeless adalah jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam. Jika ban tersebut mengalami kebocoran, jenis tambal yang banyak di jalan adalah jenis tubeless ini. Untuk cara kerjanya adalah lubang yang bocor dipampat oleh karet yang dikaitkan ke batang besi dan ditusukkan ke lubang tersebut. Prosesnya ban tidak perlu dilepas dari pelek. Hanya didongkrak sampai ban terangkat.

Sayangnya, cara tambal ini tak bertahan lama dan bisa merusak struktur dari ban. Salah satu contohnya adalah ban benjol yang diakibatkan benang kawat atau nylon yang menjadi struktur ban terputus saat menusukkan batang besi ke ban.

Baca Juga : Risiko Memaksa Ban Mobil Kempes Tetap Dipakai Jalan

Tambal ban Tip Top

Jenis tambal ban ini bisa dilakukan untuk ban dalam dan luar. Untuk ban dalam, cara kerjanya hanya menempelkan bagian ban yang bocor dengan karet yang direkatkan di bagian tersebut. Sayangnya untuk ban dalam, cara ini kurang efektif karena berpotensi lapisan tambalan itu  lepas.

Sedangkan pada ban luar atau tubeless, jenis tambal tiptop cukup efektif dan dianjurkan. Pasalnya, dengan menempelkan bagian yang bocor dari dalam ban tidak merusak struktur kawat baja ban. Selain itu, tambal ini sangat kuat jika diaplikasikan pada ban luar karena ada tekanan ban yang membuat tambalan menjadi tertekan dan merekat lebih kuat.



WordPress Video Lightbox Plugin