bore dan stroke up

Mengenal Bore-up dan Stroke-up Mesin Motor

Mengenal Bore-up dan Stroke-up Mesin Motor

Tidak sedikit pemilik motor yang kurang puas dengan performa mesin standar bawaan pabrik. Berbagai cara dilakukan agar performa mesin motor meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan tenaga, seperti mengubah sistem ignition, mengoptimalkan saluran masuk dan keluar, serta meningkatkan volume silinder.

Nah, meningkatkan volume silinder mesin ini kerap menjadi pilihan agar mesin motor mudah mengail performa tinggi. Langkah modifikasi mesin motor ini dapat dicapai dengan dua cara.

Bore-up

Bore up memiliki arti memperbesar ukuran diameter piston mesin. Bore up umumnya dilakukan untuk meningkatkan kapasitas mesin yang berujung pada peningkatan performa mesin.

Beberapa pabrikan motor menyediakan piston pengganti khusus untuk piston orisinal yang lebih besar, biasanya disebut piston oversize yang lubang maksimumnya ditingkatkan maksimum 0,3 mm. Di lain sisi, beberapa pabrikan lain tidak menyediakan suku cadang untuk oversize tersebut. Sehingga jika ingin bore up harus menggunakan suku cadang milik motor lain.

Dengan melakukan bore-up, hasil yang didapat berupa tenaga lebih responsif dan kecepatan dan akselerasi lebih cepat. Di lain sisi, berpotensi membuat piston rentan jebol dan mesin cepat overheat.

Baca Juga : Oli Mesin Terbaik Untuk Mesin Motor Bore-up

Stroke-up

Yang dimaksud dengan stroke-up adalah menambah panjang langkah piston (stroke) dari sebelumnya pendek menjadi sedikit lebih Panjang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah big end piston atau poros engkol piston yang ada di kruk as sehingga jarak langkah piston menjadi bertambah jauh. Baik jarak piston ke titik mati atas (TMA) semakin tinggi dan juga jarak piston ke titik mati bawah (TMB) berkurang. Oleh karena itu, jika hanya mengubah connecting rod (con rod) atau setang piston dengan ukuran lebih panjang, tidak mengubah stroke.

Melakukan stroke up dapat meningkatkan torsi mesin dan bisa dilakukan dengan cara ini. Dengan memotong dan menggeser posisi poros big end con rod lebih jauh dari posisi kruk as, memasang pen stroker produk aftermarket, atau  memasang kruk as utuh dari milik mesin motor lain.



WordPress Video Lightbox Plugin