oli sepeda motor

Mengapa Oli Sepeda Motor Lebih Cepat Diganti Ketimbang Mobil

Inilah Alasan Kenapa Oli Mesin Sepeda Motor Lebih Cepat Diganti dibanding Oli Mobil

Mengapa oli sepeda motor harus lebih cepat diganti ketimbang oli mobil? Pertanyaan seperti ini mungkin sering muncul di benak kita. Oli mesin sepeda motor, biasanya diganti setiap 4000 km, di mana oli mesin mobil dapat melakukan penggantian oli setiap jarak 10.000 km. Mengapa demikian?

Faktor pertama, oli mesin sepeda motor membutuhkan waktu penggantian yang lebih cepat dibanding dengan oli mesin mobil, karena oli sepeda motor bekerja lebih berat. Oli sepeda motor melumasi tiga bagian yaitu internal mesin, kopling dan girboks. Sedangkan oli mobil berfungsi untuk melumasi hanya bagian internal mesin.

Faktor selanjutnya, oli mesin sepeda motor bekerja lebih berat karena volumenya yang sedikit, yakni hanya 800 cc sampai 1,5 liter saja, sehingga wajar jika penggantian oli motor lebih cepat. Sedangkan oli mobil memiliki volume 3,5 liter sampai 5 liter. Faktor lainnya adalah, mesin sepeda motor berputar lebih tinggi dibanding mesin mobil. Mesin sepeda motor bisa berputar 4.000 – 10.000 rpm saat beroperasi, dibandingkan dengan mesin mobil yang umumnya hanya beroperasi pada rentang putaran mesin 2.500 – 5.000 rpm saja.

Baca Juga : Alasan Mengapa Oli Mesin Kendaraan Harus Rutin Diganti

Beberapa faktor lain yang membuat oli motor cepat diganti adalah cara berkendara dari pemilik motor. Pengendara yang sering memacu kendaaraannya dengan RPM tinggi atau motor yang digunakan untuk offroad tentu akan lebih sering melakukan penggantian oli. Sebab kondisi berkendara seperti itu membuat mesin akan bekerja lebih berat jika dibandingkan dengan motor yang hanya dgunakan untuk keperluan sehari-hari.

Jadi itu Bro Deltalube, alasan mengapa oli mesin sepeda motor lebih cepat diganti ketimbang oli mesin mobil. Jika oli mesin sepeda motor dibiarkan terlalu lama dan tidak diganti, akan menyebabkan keausan prematur pada mesin, sehingga mesin jadi lebih cepat rusak. Jangan sampai telat ganti ya!

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Saat Mengganti Pelumas Atau Oli Mesin Kendaraan