Cari Kami

Langkah Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama

Tips Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama

Bagi pemilik motor yang tidak menggunakan motornya dalam waktu lama, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Tentu hal ini berkaitan dengan perawatan motor agar ketika motor digunakan tidak ada masalah yang muncul.

Sebagai langkah antisipasi, ada trik yang bisa dilakukan sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama. Tujuannya agar motor tetap fit dan siap digunakan untuk aktivitas meski telah lama tidak digunakan.

Cuci motor

Pastikan kondisi motor bersih. Cuci steam lebih baik lalu keringkan. Hal ini untuk antisipasi karat selama tidak digunakan.

Cabut aki

Meski tidak digunakan, kabel tetap ada aliran listrik dari aki. Bila aki dibiarkan terpasang, aliran listrik akan terus mengalir sehingga aki bisa soak. Sebaiknya aki dilepas dan disimpan di tempat yang aman.

Bahan bakar penuh atau kosong

Usahakan tangki bahan bakar terisi penuh atau kuras sampai kosong. Hal ini untuk menghindari terjadinya karat karena proses penguapan bahan bakar.

Baca Juga : Kenali Jenis dan Fungsi Alur Ban Mobil

Standar tengah

Gunakan standar tengah (ganda) agar beban motor rata atau seimbang. Jika menggunakan standar samping dalam waktu lama, beban motor condong ke kiri. Sokbreker depan maupun belakang bisa bermasalah karena tinggi sebelah.

Alasi ban

Gunakan alas kayu atau kain untuk ban yang menempel ke lantai. Sebab ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempis karena perbedaan suhu lantai dengan ban.

Parkir di ruangan

Usahakan motor disimpan di dalam ruangan, sehingga tidak terkena panas atau hujan yang memicu karat atau cat memudar.

Beri pengaman

Selain mengunci setang, tak ada salahnya menggunakan gembok di cakram atau roda untuk mencegah aksi pencurian. Bisa juga dengan melepas kabel busi.

Gunakan penutup

Tutupi motor dengan sarung motor yang banyak dijual di pasar. Hal ini untuk mencegah menempelnya debu dan kotoran, agar nantinya saat mau dipakai tidak perlu dilap atau dicuci.

Cek Kondisi Oli

Jika oli mesin sudah lama digunakan sebelum meninggalkan motor, sebaiknya ganti dengan oli baru. Sebab di dalam oli lama biasanya sudah banyak kotoran yang dapat mengendap dan menggumpal.

Hindari start elektrik

Untuk motor yang dilengkapi kick starter, saat pertama kali ingin menghidupkan mesin, hindari start elektrik. Dengan posisi kunci kontak Off, gunakan kick starter 3-4 kali. Setelah itu, putar kunci ke ON dan kick start sampai mesin hidup. Sehingga oli mesin yang berada di bawah bisa membasahi komponen mesin dan siap beroperasi.



WordPress Video Lightbox Plugin