kipas radiator

Kerusakan Kipas Radiator Mobil

Kenali Penyebab Kerusakan Kipas Radiator Mobil

Hampir seluruh mobil saat ini menggunakan sistem pendingin air atau radiator. Tapi  nyatanya radiator tidak sepenuhnya hanya menggunakan cairan, tetapi juga perlu udara untuk pendinginan mesin yang optimal. Makanya diperlukan kipas radiator sebagai salah satu komponen sistem pendingin mesin.

Saat ini kipas radiator mobil terbagi atas dua jenis, kipas radiator konvensional dan kipas radiator elektrik. Mobil dengan posisi mesin melintang menggunakan kipas elektrik untuk mendinginkan cairan di dalam radiator. Posisinya ada yang di depan atau di belakang radiator. Sedangkan kipas radiator konvensional digunakan pada mesin sejajar dan bekerja mengikuti putaran mesin mobil. Untuk kipas radiator elektrik, bekerja ketika mobil memiliki suhu yang cukup tinggi.

Nah, kerap terjadi masalah ketika kipas radiator dan mesin pun menjadi panas. Beberapa penyebab kipas radiator tak berputar ini tentu perlu diketahui pengguna mobil.

Masalah kelistrikan

Ketika electric fan tidak berputar, bukan berarti fan rusak. Bisa saja disebabkan kelistrikan yang bermasalah. Salah satunya adalah sekring yang putus. Tidak hanya itu, kabel konektor electric fan juga bisa menjadi penyebab karena aliran listrik terputus akibat kabel digigit tikus, terjadinya arus pendek, atau soketnya rusak karena usia.

Sensor temperatur tidak berfungsi

Penyebab kipas radiator mobil tidak berputar adalah rusaknya sensor temperatur. Sensor temperatur adalah komponen yang mengirimkan sinyal menuju Electric Control Unit untuk mengaktifkan kipas pendingin secara otomatis sesuai suhu cairan radiator. Jika sensor ini rusak, maka kipas radiator tidak bekerja normal karena data suhu tidak terbaca dengan benar.

Baca Juga : Rawat Radiator Agar Performa Mesin Terjaga

Fan controller unit rusak

Pengontrol kipas (Fan Controller Unit) juga bisa rusak. Beberapa kendaraan menggunakan komponen ini sebagai pengatur putaran kipas radiator. Ketika komponen ini rusak, maka otomatis kipas radiator tidak berputar.

Motor kipas tidak berfungsi

Karena komponen elektronik, usia pakainya sulit diprediksi. Jika motor kipas atau biasa yang disebut electric fan mati, tidak ada acara lain selain melakukan penggantian komponen tersebut. Tapi penggantian motor electric fan Anda tidak perlu membeli satu set, bisa hanya membeli motornya.



WordPress Video Lightbox Plugin