rem parkir

Kenali Penyebab Rem Parkir Kurang Pakem

Kenali Penyebab Rem Parkir Kurang Pakem

Salah satu komponen krusial pada mobil adalah rem. Komponen tersebut berfungsi untuk mengurangi laju mobil saat digunakan. Lalu bagaimana dengan rem parkir? Rem parkir mobil adalah sistem rem yang digunakan untuk membuat mobil tidak bergerak saat posisi parkir. Biasanya, karena rem parkir ini tidak sering digunakan sehingga jarang dicek kondisinya.

Namun, ada beberapa masalah pada rem parkir mobil yang mungkin muncul. Salah satunya adalah kurang pakem. Tentu kondisi ini perlu dihindari agar tidak menimbulkan risiko yang membahayakan. Semisal ketika perlu menggunakan rem parkir di jalan menanjak atau menurun. Ketika rem parkir tidak lagi pakem, tentu dapat membuat mobil bergerak.

Lalu apa penyebab kerja rem parkir menjadi kurang optimal? Kondisi itu bisa dipengaruhi dua hal yakni setelan rem parkir dan kondisi rem.

Berdasarkan sistem kerjanya, rem parkir mengandalkan rem yang ada di 2 roda belakang mobil. Salah satu penyebabnya adalah setelan brake shoe menurun. Kondisi ini yang membuat tuas rem parkir jadi lebih tinggi saat diaktifkan. Hal itu bukan masalah besar, karena tuas rem parkir bisa disetel menjadi rendah atau tinggi. Untuk penyetelan ini membutuhkan bantuan mekanik bengkel.

Namun ketika dilakukan penyetelan tuas rem parkir, tapi tetap tidak optimal bisa dicek kondisi kampas rem. Jika kampas rem sudah tipis, sudah dapat dipastikan tuas rem tangan akan tinggi dan rem parkir tidak pakem.

Baca Juga : Indikasi Kampas Rem Mobil Mulai Habis

Hal terakhir yang menjadi penyebab rem parkir tidak pakem adalah karena kondisi rem kotor. Wajar hal ini terjadi karena cara kerja rem adalah dengan menggesekan kampas rem ke piringan untuk mengurangi kecepatan mobil. Dari hasil gesekan tersebut hadir serpihan kampas rem yang bisa membuat rem tidak pakem.

Sebaiknya saat mobil melakukan servis berkala, bisa meminta pada mekanik bengkel untuk melakukan pembersihan pada sistem rem agar kerja rem parkir tetap optimal. Segera ganti kampas rem dengan yang baru dan orisinal jika diperlukan.



WordPress Video Lightbox Plugin