kabin mobil

Kenali Penyebab Bau Sangit di Kabin Mobil

Kenali Penyebab Bau Sangit di Kabin Mobil

Tidak sedikit pengguna mobil yang pernah mencium bau sangit di kabin mobilnya. Selain mengganggu perjalanan, terkadang bau sangit itu sulit hilang. Bisa jadi bau sangit di kabin mobil ini merupakan tanda terjadinya kerusakan pada mobil. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu penyebab mobil bau sangit lalu cari cara untuk mengatasinya.

Salah satu penyebab mobil bau sengit adalah indikasi kopling slip. Untuk mengatasi kerusakan ini, bisa mengganti kopling mobil dengan yang baru.

Pada melaju normal dan mencium bau mobil seperti terbakar, maka kemungkinan disebabkan adanya oli mesin yang masuk dan ikut terbakar di dalam ruang bakar. Penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan lelehan oli mesin yang panas di area mesin sehingga menyebabkan bau sangit seperti terbakar. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih detail.

Masalah yang terjadi pada sambungan-sambungan slang bisa juga jadi penyebab. Bisa pula dikarenakan pemasangan fuel pump yang kurang benar dan menyebabkan kebocoran. Jika terdapat komponen yang rusak dan perlu diganti, maka ganti komponen tersebut dengan komponen baru yang sesuai dengan standar.

Baca Juga : Mengapa Ada Bau Tak Sedap Di Kabin Mobil

Jika mencium bau sangit seperti karpet terbakar, maka permasalahannya terdapat pada sistem rem atau fitur keselamatan lainnya. Untuk itu segera periksa komponen rem.

Apabila tercium bau sangit yang mirip seperti telur busuk, kemungkinan besar permasalahannya ada pada catalytic converter. Untuk itu perbaiki bagian catalytic converter segera, jika kerusakan cukup parah mungkin segera ganti dengan komponen yang baru.

Penyebab lainnya yang mungkin bisa terjadi adalah korslet pada sistem kelistrikan. Biasanya bau yang muncul mirip seperti bau roti gosong. Perlu segera ditangani agar tidak merembet ke komponen lain. Korslet bisa memicu terjadinya kebakaran dan sangat membahayakan.